Wednesday, June 15, 2016

MEMPERCAYAI KEADILAN TUHAN

Rabu, 15 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 12:9-21

Bacaan Alkitab satu tahun
Amos 1-3; Wahyu 6

Ayat Hafalan
Roma 12:19,Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

Renungan Inspirasi
Seluruh dunia merasa takut ketika para pemberontak Cherchen membunuh ratusan orang yang terkurung di sebuah sekolah di Beslan, Rusia. Kebanyakan korbannya adalah anak-anak, termasuk enam dari Totiev bersaudara, yang aktif dalam pelayanan kristiani. Salah satu dari Totiev bersaudara itu memberikan reaksi yang kebanyakan bagi kita merupakan pilihan yang sulit. Dalam sebuah wawancara dia berkata, “ Ya, kami mengalami kehilangan yang tak dapat digantikan oleh apa pun, tetapi kami tidak akan membalas dendam.” Ia mengatakan ia lebih memercayai apa yang dikatakan Tuhan, (ay. 12) “Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan.” Mendengar hal tersebut banyak orang yang saat itu justru mencibir, namun ada juga yang memuji kebesaran hati dari Totiev bersaudara, yang menyerahkan kepada keadilan Tuhan.

Rasul Paulus dengan jelas mengingatkan kebenaran untuk membalas kejahatan dengan kebaikan, seperti yang diajarkan Tuhan Yesus Kristus (ay. 21). Posisi jemaat Roma saat itu mengalami ancaman dan penyiksaan karena menjadi orang Kristen. Dia menuliskan kepada jemaat di Roma untuk tetap hidup dalam kasih. Beberapa diantara kita mungkin sangat sulit untuk menerima saat ada orang yang berbuat tidak adil kepada kita. Kita cenderung ingin membalas perbuatannya setimpal dengan apa yang telah kita terima. Tentulah hal ini tidak mudah dilakukan, tapi akan membuat kita berada di pihaknya Tuhan, karena kita mengikuti perintah Tuhan. Ijinkan Roh Kudus membantu kita dalam menerima hal ini. Kita tahu bahwa Tuhan selalu adil dalam kebijaksanaan-Nya dan mengetahui apa yang paling terbaik bagi kita.

Refleksi Diri
1. Sikap seperti apa yang diajarkan Paulus kepada jemaat di Roma (ay. 21) ?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda saat mengalami ketidakadilan? 

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa agar Engkau memberikan hati yang tidak membalas kejahatan dengan kejahatan.

Kata - Kata Bijak
Suatu hari neraca keadilan Tuhan akan benar-benar seimbang.

No comments: