Monday, June 06, 2016

MENANG SAAT MENGHADAPI PENCOBAAN

Senin, 6 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 4:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Daniel 3-4; 1 Yohanes 5

Ayat Hafalan
I Korintus 10:13, “Pencobaan-pencobaan yang kamu  alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada  waktu kamu  dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

Renungan Inspirasi
Wanda Johnson, seorang ibu tunggal dengan lima anak, sedang dalam perjalanan menuju tempat pegadaian. Ia berharap di sana ia akan mendapat pinjaman 60 dollar atas TV miliknya. Kemudian terjadilah sesuatu yang sangat aneh. Sewaktu truk berlapis baja yang penuh dengan kantong uang berjalan melintasinya, pintu samping truk itu terbuka, dan jatuhlah sekantong uang ke jalan. Wanda berhenti dan memungut kantong itu. Ketika ia menghitung uang di dalam kantong, ternyata jumlahnya sebanyak 160.000 dollar. Pertentangan batin berkecamuk dalam jiwanya. Ia dapat menggunakan uang itu untuk melunasi semua tagihannya dan memenuhi semua kebutuhan anak-anaknya. Setelah empat jam bergumul hebat dengan keyakinan moral, Wanda menelepon polisi dan mengembalikan uang itu. Keteguhannya melakukan hal yang benar untuk tidak mengambil sesuatu yang bukan miliknya membuat ia menang atas pencobaan.

Yesus pernah mengalami pencobaan dari si Iblis (ay.3,5,6) tetapi Yesus tidak jatuh dalam pencobaan. Yesus menggunakan Firman Allah untuk melawan cobaan yang diberikan oleh Iblis (Ay. 4,7,10). Tawaran menggiurkan yang muncul terkadang membuat batas antara bertindak benar atau mengikuti tawaran itu begitu tipis. Seberapa kuat iman kita saat kesempatan untuk melakukan hal yang tidak benar terbuka lebar? Jawabannya, kita hanya dapat menang apabila kita menghidupi Firman Allah setiap hari. Hari ini apabila pencobaan muncul dalam berbagai wujud, baik dalam pendidikan, pekerjaan, usaha, hubungan rumah tangga dan pelayanan. Pertanyaannya, apakah Anda akan tetap memilih yang benar sesuai dengan Firman Tuhan?

Refleksi Diri
1. Bagaimana cara  Yesus menghadapi pencobaan yang Dia alami?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan  Anda lakukan saat menghadapi pencobaan?

Pokok Doa
Tuhan sertai dan berilah pertolongan saat aku menghadapi pencobaan.

Kata - Kata Bijak
Pencobaan hanya bisa dikalahkan dengan kuasa perkataan Firman Allah.

Yang Harus Dilakukan
Renungkanlah Firman dan berusahalah untuk tinggal dalam Firman Tuhan.

No comments: