Friday, June 03, 2016

MENGAMPUNI DIRI SENDIRI

Jumat, 3 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Samuel 12:13-24

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 45-46; 1 Yohanes 2

Ayat Hafalan
2 Samuel 12:23, “Sekarang ia sudah mati, mengapa aku harus berpuasa? Dapatkah aku mengembalikannya lagi? Aku yang akan pergi kepadanya, tetapi ia tidak akan kembali kepadaku.”

Renungan Inspirasi
Media CNN Amerika pagi hari (23/09/2010) dihebohkan dengan sebuah berita yaitu, seorang ayah melindas puterinya sendiri di garasi mobil. Dalam tulisan di halaman depan menceritakan kejadian yang terjadi. Peristiwa tersebut berawal dari George dan isterinya selesai sarapan pagi dan hendak berangkat kerja. George saat itu sedang memanaskan mobil di garasi. Setelah semua siap George hendak mengeluarkan mobilnya, ia merasa seperti melindas sesuatu. Betapa kagetnya ternyata Ia telah melindas Adriana! Anak itu ternyata berjalan diam-diam ke garasi samping rumah mereka tanpa diawasi oleh orang tuanya. Seketika itu juga anak itu tewas di tempat. Pasangan ini hampir beberapa tahun menutup diri dan memilih tidak bergaul dengan tetangga dan orang luar lainnya. Perasaan rasa bersalah terus menghantui mereka. Pikirnya, “Adriana mati karena kecerobohan kami!”

Raja Daud pernah dihinggapi rasa bersalah serupa. Akibat dosa berzinah dengan Batsyeba, Tuhan menulahi bayi mereka hingga sakit. Daud berusaha keras memohon belas kasihan Tuhan, agar anak itu bisa tetap hidup. Tujuh hari ia berpuasa dan berbaring di tanah. Namun akhirnya anak itu tetap mati (ay.18). Semua ini gara-gara ulahnya. Hati Daud pasti dihantui rasa bersalah yang luar biasa. Uniknya, setelah kematiaan anaknya, ia kembali mau makan dan melanjutkan hidup seperti biasa (ay.20). Daud tidak membiarkan diri kalah dari raksasa “rasa bersalah”. Ia sadar, jika suatu hal tak bisa lagi diubah, ia harus menerima kenyataan yang terjadi. Adakah raksasa ”rasa bersalah” yang masih menghantui Anda? Berbenah diri, dan lanjutkan hidup ke depan. Tuhan telah mengampuni kesalahan Anda. Jadi Anda pun harus harus mengampuni diri sendiri.

Refleksi Diri
1. Sikap apakah yang dilakukan Daud ketika mengetahui anaknya meninggal?
2. Hal apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat Anda dikuasai rasa bersalah?

Pokok Doa
Tuhan aku percaya bahwa aku telah menerima pengampunan dari pada-Mu.

Kata - Kata Bijak
Percayalah kasih-Nya mampu menjangkau rasa bersalah manusia yang paling terdalam.

Yang Harus Dilakukan
Mintalah kekuatan dari Tuhan untuk bangkit dari rasa bersalah.

No comments: