Thursday, June 16, 2016

MENGELOLA MASALAH

Kamis, 16 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 16:5-9

Bacaan Alkitab satu tahun
Amos 4-6; Wahyu 7

Ayat Hafalan
1 Korintus 16:9,sebab di sini banyak kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang.

Renungan Inspirasi
Liquid Paper atau Tipp Ex, adalah sebuah produk yang ditemukan oleh Bette Graham. Bette bekerja sebagai seorang sekretaris yang sering stres karena pekerjaannya dalam mengetik. Ia pusing ketika hasil ketikkannya harus rapi dan bersih, sementara ketikkannya kerap salah.

Suatu hari tanpa sengaja ia melihat seorang tukang cat tengah mengecat. Tukang cat itu tak sengaja menodai hasil kerjanya. Untuk membersihkannya, pengecat itu kemudian menimpa noda itu dengan cat putih. Dari situ, Bette terpikir untuk melakukan hal serupa. Bette mencoba menggunakan cat tempera putih berbahan dasar air dan kuas tipis untuk menutup kesalahan ketikkannya. Ternyata berhasil. Pada tahun 1957 ketika teman-temannya mengetahui hal ini, Bette mulai mengomersilkan, hingga mampu menjual sekitar 100 botol per bulan. Hanya dalam waktu 10 tahun, perusahaannya itu menjadi perusahaan besar dan berhasil memasok produknya ke-31 negara.

Seringkali peluang muncul bersamaan dengan suatu masalah yang muncul. Rasul Paulus memutuskan tinggal lebih lama di kota Efesus padahal di kota ini ia hampir dibunuh (Kis. 19:23-32), dan ada banyak orang yang menentang kehadirannya. Namun hal yang menarik adalah Paulus memutuskan tetap tinggal karena ia melihat ada peluang baginya untuk mengerjakan sesuatu yang besar dan penting (1 Kor. 16:9). Bagaimana cara pandang kita melihat masalah? Orang yang besar selalu melihat kesempatan di tengah kesempitan. Sebaliknya, orang yang kerdil selalu melihat kesempitan bahkan di tengah kesempatan yang dia miliki. Kelolalah masalah dengan baik. Masalah akan merangsang ide, kreatifitas serta alternatif solusi untuk memecahkannya.

Refleksi Diri
1. Apakah keputusan Paulus, saat masalah dan peluang dihadapkan kepadanya (ay. 9)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda saat menghadapi masalah?

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku untuk memandang masalah dengan cara pandang yang benar.

Kata - Kata Bijak
Tuhan adalah sumber hikmat untuk mengelola masalah-masalah kita.

Yang Harus Dilakukan
Kelolalah setiap masalah yang hadir dengan hikmat Tuhan.

No comments: