Monday, June 20, 2016

MENGENAL ALLAH SECARA PRIBADI

Senin, 20 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 17:1-5

Bacaan Alkitab satu tahun
Mikha 1-3; Wahyu 11

Ayat Hafalan
Yohanes 17:3, Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Renungan Inspirasi
Penulis Amerika, Mark Twain, terkenal karena kecerdasan dan pesonanya. Dalam suatu perjalanan ke Eropa, ia diundang untuk makan malam dengan seorang kepala negara bagian. Ketika anak perempuannya mengetahui undangan ini, ia berkata, “Ayah mengenal semua orang penting yang harus dikenal. Tetapi ayah tidak mengenal Allah.” Kata-kata ini benar dan membuat Mark sedih, karena Mark Twain adalah orang skeptis yang tidak percaya. Komentar anak perempuan ini sepintas menyentuh nurani kita yang paling terdalam, dengan pertanyaan: Apakah saya pribadi benar-benar mengenal Allah? Kita mungkin diberkati dengan persahabatan, memiliki banyak pertemanan dengan orang penting,

namun apakah kita benar-benar mengenal Allah selama ini? Yesus pernah berdoa untuk murid-murid-Nya agar mereka dapat mengenal Allah secara benar (ay. 3). Pengenalan yang Ia maksudkan bukan hanya tahu bahwa ada Allah yang Maha Kuasa yang menciptakan langit bumi. Tetapi pengenalan yang bersifat khusus dan pribadi, dan hanya bisa didapatkan melalui hubungan yang dalam dan lama. Pengenalan yang dimaksud dalam bacaan ini digambarkan seperti keintiman antara suami dan isteri (ay. 3). Sebagai orang percaya, kita perlu terus menerus untuk belajar mengenal Allah tiap hari. Pengenalan akan Allah hanyalah kita dapatkan saat kita dengan usaha sengaja meluangkan waktu untuk bercakap-cakap dengan Allah, membaca firman-Nya, dan membagi kasih-Nya kepada dunia. Hari ini, sudahkah Anda benar-benar mengenal Allah?

Refleksi Diri
1. Apa isi doa Tuhan Yesus bagi murid- muridNya (ay. 3)?
2. Hal apa yang Tuhan Yesus ingin Anda lakukan untuk mengenal Allah?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa agar aku dapat senantiasa terus mengenal Engkau secara pribadi dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Permulaan kehidupan yang kekal dimulai saat kita mengenal Allah secara pribadi.

Yang Harus Dilakukan
Bangunlah komunikasi dua arah dengan Allah dalam doa dan perenungan pribadi.

No comments: