Saturday, June 04, 2016

MENJADI PEMECAH MASALAH

Sabtu, 4 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 12 : 9 - 15a

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 47-48; 1 Yohanes 3

Ayat Hafalan
Matius 5:16,“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Renungan Inspirasi
Di dunia ini tak ada seorang pun yang ingin mempunyai masalah. Orang tua kita pun sering memberikan nasihat agar kita bisa menjaga diri dan jangan cari-cari masalah. Jujur, kita semua ingin tak punya masalah. Namun sebagai manusia yang ingin maju dan memberikan dampak positif bagi dunia ini, kita harus berani menghadapi masalah dan menyelesaikannya.  Menjadi pemecah masalah berarti kita belajar peduli dengan masalah serius yang terjadi di sekitar kita dan mencari jalan keluarnya. Para penemu benda-benda bermanfaat seperti Thomas Alfa Edison (bola lampu), Charles Goodyear (ban karet), C. Marconi (radio), Wright bersaudara (pesawat terbang), dan Benyamin Holt (traktor) adalah orang-orang yang awalnya menghadapi suatu masalah namun mereka berusaha mencari jalan keluarnya.

Yesus adalah Pribadi yang selalu peka akan suatu masalah dan kebutuhan orang-orang yang sedang kesulitan. Ia memberi makan yang lapar, menyembuhkan yang sakit serta memberi pengampunan bagi orang berdosa. Bahkan demi menolong mereka, Yesus harus menghadapi masalah dengan orang-orang Farisi karena melanggar hukum Sabat (ay. 10,14). Sebagai orang percaya kita tidak boleh pasif dalam hidup. Banyak sekali di sekitar kita yang membutuhkan bantuan kita. Janganlah menjadi pribadi yang cuek dengan masalah di sekeliling kita. Jadilah pembawa solusi bukan penambah polusi, jadilah jawaban bukan menambah beban. Menjadi pemecah masalah memang akan ada banyak tantangan dari sekitar kita, tetapi  tetaplah berjuang untuk menggarami dunia.

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang dilakukan Tuhan Yesus pada hari Sabat (ay. 42-47)?
2. Hal apakah yang Tuhan ingin Anda lakukan dari renungan hari ini?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk menjadi pribadi yang berdampak di lingkunganku.

Kata - Kata Bijak
Hikmat Tuhanlah yang dapat menyelesaikan semua masalah di sekitar kita.

Yang Harus Dilakukan
Pedulilah dengan masalah di sekitar Anda dan cobalah untuk menyelesaikannya.

No comments: