Friday, June 17, 2016

PELAYANAN SEDERHANA TAPI BERHARGA

Jumat, 17 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Rasul 9:36-42

Bacaan Alkitab satu tahun
Amos 7-9; Wahyu 8

Ayat Hafalan
Yakobus 1:27, Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.

Renungan Inspirasi
Seringkali ketika berbicara tentang pelayanan, kebanyakan kita akan langsung berpikir tentang pelayanan gerejawi yang biasa dilakukan; misalnya memimpin pujian, menyanyi dalam paduan suara, penginjilan pribadi, konseling dan sebagainya. Padahal, sesungguhnya pelayanan bagi Tuhan bisa lebih banyak bentuk dan luas cakupannya. Pelayanan yang sejati harus membuat kita berkenan kepada Tuhan, serta membuat hidup kita berarti bagi orang-orang di sekeliling kita.

Kisah tentang Dorkas membuka wawasan lain tentang arti sebuah pelayanan. Alkitab sedikit memberi keterangan mengenai Dorkas. Ia hanya disebut sebagai murid perempuan dari Yope, yang memiliki nama lain Tabita. Namun Alkitab mencatat bahwa ia adalah wanita yang melayani dengan banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah (ay. 36). Tentu apabila dibandingkan dengan dengan nama Paulus atau Petrus, nama Dorkas memang kurang populer. Namun pelayanan yang dilakukannya begitu berharga. Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari Dorkas (ay. 39). Pertama, setiap kita dapat melayani dengan apa yang ada pada diri kita. Dorkas membuat baju dan pakaian bagi para janda. Kedua, selama hidupnya, pelayanannya membuat ia begitu diingat oleh orang-orang di sekitarnya, sehingga para janda menangisi kematiannya serta menunjukkan apa yang sudah dia perbuat. Dorkas telah menambahkan sesuatu yang positif dalam kehidupan orang lain. Pelayanan Dorkas sederhana tapi berharga.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Dorkas dalam pelayanan (ay. 36, 39)?
2. Apa yang Tuhan inginkan saat Anda melayani Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan pakailah hidupku untuk menjadi berkat bagi orang-orang di sekelilingku.

Kata - Kata Bijak
Pelayanan sekecil apapun dengan kasih yang besar adalah pelayanan yang berharga di mata Tuhan

Yang Harus Dilakukan
Berpikirlah hari ini untuk melayani orang di sekeliling kita dengan apa yang bisa kita perbuat.

No comments: