Saturday, June 25, 2016

PRIBADI YANG BERDAMPAK

Sabtu, 25 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Para Rasul 2:41-47

Bacaan Alkitab satu tahun
Zefanya 1-3; Wahyu 16

Ayat Hafalan
Kisah Rasul 2 : 45, “dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing- masing.”

Renungan Inspirasi
Di Indonesia, sabun mandi bisa kita beli dengan harga murah dengan berbagai merek yang kita suka. Namun di Afrika, tepatnya di negara Uganda, sabun menjadi barang mewah. Faktor kemiskinan dan minimnya pabrik pembuat sabun membuat masyarakat di sana banyak sekali yang membersihkan tubuh tanpa sabun. Derreck Kayongo, seorang pemuda Uganda yang merantau ke Atlanta, Amerika Serikat, sangat kaget melihat sabun-sabun yang disediakan hotel-hotel hanya digunakan sekali sehari setelah itu dibuang. Dengan memberanikan diri, ia meminta sabun-sabun bekas kepada hotel-hotel di Atlanta. Ternyata sambutannya luar biasa, banyak hotel yang menyumbangkan sabun-sabun bekas kepada Derreck. Sabun-sabun bekas itu dikirimkan ke Uganda, setelah didaur ulang dibagikan cuma-cuma kepada rakyat Uganda yang hidup dalam kemiskinan.

Renungan kali ini membawa kita kepada situasi jemaat mula-mula, yang saling berbagi untuk menolong rekan-rekannya (ay. 45). Apa yang mereka lakukan saat itu tanpa disadari berdampak luar biasa. Sementara mereka saling memberi pertolongan satu dengan yang lain, hal itu menarik perhatian mereka yang belum mengenal Tuhan. Banyak yang akhirnya bertobat karena kasih Tuhan yang begitu nampak dalam kehidupan jemaat mula-mula (ay. 47). Ketika kita fokus dengan keinginan murni untuk berbagi dan memberi pertolongan kepada yang lain, maka tanpa disadari kita menarik perhatian lingkungan di sekitar kita. Mereka akan bertanya-tanya tentang perbuatan kita murid-murid Yesus, dan gereja pun akan menuai orang-orang percaya yang baru.

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang dilakukan jemaat mula-mula (ay. 42-47)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda melalui renungan hari ini?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk belajar menjadi berkat bagi orang lain.

Kata - Kata Bijak
Tujuan Tuhan memberkati Anda yaitu untuk memberkati orang lain.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah memberi pertolongan untuk lingkungan sekitar Anda.

No comments: