Saturday, June 11, 2016

RELA BERTANGGUNG JAWAB

Sabtu, 11 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 32:1-35

Bacaan Alkitab satu tahun
Hosea 5-8; Wahyu 2

Ayat Hafalan
Keluaran 32:32, Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu -- dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis

Renungan Inspirasi
Paul Stephenson, Kepala Kepolisian Metropolitan London (Scotland Yard), menawarkan pengunduran dirinya. Hal ini dilakukan setelah sekelompok orang, pemrotes kenaikan uang kuliah, menyerang kendaraan yang membawa Pangeran Charles dan istrinya, Camilla pada tanggal 9 Desember 2010. Pasangan kerajaan ini tidak cidera, namun peristiwa ini merupakan hal yang sangat memalukan bagi polisi Inggris. Stephenson lalu menelepon Charles keesokan harinya untuk meminta maaf secara pribadi dan menawarkan untuk mengundurkan diri, sebagaimana diberitakan harian Sunday Times. Walaupun bukan pelaku kriminal, Stephenson memberikan teladan yang sangat baik kepada kita tentang arti tanggung jawab.

Renungan hari ini menunjukkan bagaimana Musa memikul tanggung jawab atas dosa yang dilakukan bangsa Israel. Ketika bangsa Israel membuat anak lembu emas, Musa sesungguhnya sedang tidak ada di tempat karena sedang bercakap-cakap dengan Tuhan di atas gunung Sinai (ay. 2-3). Musa sama sekali tidak bersalah, namun Musa dengan rendah hati memohon ampunan Tuhan dan rela dirinya dihukum karena merasa tidak cakap memimpin bangsa itu (ay. 32). Tuhan sangat menghargai sikap Musa. Oleh karena tindakan Musa inilah, akhirnya Tuhan tidak jadi membasmi bangsa Israel yang berulang kali membuat-Nya murka. Sikap rela bertanggung Jawab bukan saja untuk seorang pemimpin, namun kita semua juga harus belajar untuk memiliki sikap yang bertanggung jawab. Apakah Anda sebagai orang tua, seorang anak, pekerja atau apapun profesi yang Tuhan percayakan. Pertanyaan penting hari ini: Sudahkah kita rela bertanggung jawab?

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Musa saat bertemu dengan TUHAN (ay.32)
2. Hal apa yang Tuhan inginkan Anda lakukan dalam renungan ini?

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku untuk memiliki hati yang rela bertanggung jawab dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Rela bertanggung jawab adalah bukti dari seorang yang dewasa.

Yang Harus Dilakukan
Lakukanlah tanggung jawab Anda dari hal-hal yang kecil.

No comments: