Wednesday, June 29, 2016

RENCANA TUHAN ITU INDAH

Rabu, 29 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yeremia 29:11-32

Bacaan Alkitab satu tahun
Zakharia 9-12; Wahyu 20

Ayat Hafalan
Yeremia 29:11, Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Renungan Inspirasi
Nathaniel Hawthrone sangat kecewa. Ia baru saja menerima kabar pergantian jabatan di kantor Bea Cukai Boston, Massachusetts, tempatnya bekerja. Ternyata, ia diberhentikan. Berita buruk itu seakan-akan menggelegar di telinganya. Dunia seolah-olah sudah kiamat. Ia berjalan pulang dengan perasaan bingung dan gundah. Dipelupuk matanya terbayang wajah duka isterinya. Hawthorne semakin gelisah. Hari itu menjadi hari yang panjang baginya. Setibanya di rumah, ia menceritakan perihal pemecatannya kepada isterinya. Sang isteri dengan tatapan prihatin memeluknya, mengambil sebuah pena dan tinta, lalu meletakkan keduanya di meja dekat perapian. “Tidak usah bersedih Tuhan selalu memiliki rencana indah bagi kamu”, katanya. “Kau punya banyak waktu sekarang. Kau bisa mulai menulis.” Empat tahun setelah kejadian memilukan itu Hawthorne menghasilkan sebuah novel yang membuat namanya terkenal di seluruh dunia dengan judul: “The Scarlet Letter”.

Tidak mudah bagi kita apabila kita harus mengalami raksasa “kegagalan” dalam hidup kita. Gagal dalam percintaan, kuliah, membangun usaha atau keluarga, dsb. Bangsa Israel juga mengalami masa-masa yang gelap dalam pembuangan di Babel, namun Tuhan berjanji apabila genap waktunya Tuhan akan memulihkan keadaan mereka (ay. 10). Tuhan berjanji akan memberi hari depan yang penuh pengharapan, karena Tuhan merencanakan yang baik bagi umat-Nya (ay. 11). Seringkali kita tidak mengerti setiap kejadian yang terjadi dalam hidup kita, namun tetaplah percaya akan kebaikan Tuhan. Rancangan Tuhan akan terlihat indah pada waktunya.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dijanjikan Tuhan kepada umat Israel (ay. 11-12)?
2. Apa yang Tuhan inginkan saat kita mengalami kegagalan?

Pokok Doa
Tuhan ajarlah Aku untuk memahami ada rencana indah dalam setiap kegagalan.

Kata - Kata Bijak
Rencana Tuhan yang indah kadang tersamarkan oleh masalah-masalah kita.

Yang Harus Dilakukan
MIlikilah hati yang penuh harapan kepada rencana indah Tuhan.

No comments: