Thursday, June 30, 2016

SITUASI TERJEPIT? ANDALKAN TUHAN

Kamis, 30 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 14:1-31

Bacaan Alkitab satu tahun
Zakharia 13-14; Wahyu 21

Ayat Hafalan
Keluaran 14:13, "Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Jangan-lah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya."

Renungan Inspirasi
Ron Ralston seorang pendaki yang berasal dari Aspen Colorado. Suatu hari dia melakukan pelatihan di Taman Nasional Canyonlands di Utah Tenggara. Ralston mulai dengan melakukan manuvernya untuk mencapai bagian atas sebuah batu besar yang terselip di antara dinding ngarai sempit. Dia mulai memanjat permukaan batu dan rasanya sangat stabil ketika dia berdiri di atas. Ketika ia mulai turun di sisi yang berlawanan, batu sebesar 800 pounds (kurang lebih 362 kg) itu tiba-tiba bergeser, menjepit lengan kanannya, ia terjebak. Saat terjebak dengan tangan terhimpit antara celah batu gunung, dia memiliki beberapa pilihan antara menunggu orang muncul menyelamatkannya atau mati. Berhari-hari dia terjebak. Dia memutuskan untuk mematah- kan tangan dan memotong tangannya. Pada akhirnya dia bisa selamat. Peristiwa ini difilmkan dengan judul “127 Hours.”

Berada di posisi terhimpit dan tidak bisa berbuat apa-apa juga pernah dirasakan oleh bangsa Israel saat melakukan pelarian mereka dari kejaran Firaun dan pasukannya. Mereka tidak bisa meneruskan perjalanan karena di depan mereka terhalang laut Teberau (ay. 5-7). Ketakutan serta kepanikan melanda mereka. Di tengah situasi ini Musa meneguhkan hati mereka. Hingga akhirnya dengan acara yang ajaib Tuhan membebaskan mereka. Seberapa sering kita orang percaya mengalami hal seperti ini, seakan berada di situasi terjepit dalam kehidupan. Masalah yang muncul seakan tidak ada jalan keluar, semua uang, ide, dan pengalaman seakan tidak berguna lagi untuk digunakan. Jangan takut! Tetap berdiri teguh pada firman dan fokuslah kepada penyertaan Tuhan (ay.13). Ingat andalkan Tuhan!

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang dikatakan Musa kepada umat Israel (ay. 13)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda saat situasi terjepit?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih Engkaulah satu-satunya pribadi yang dapat aku andalkan.

Kata - Kata Bijak
Mengandalkan Tuhan adalah awal Tuhan membuka jalan.

Yang Harus Dilakukan
Akuilah Tuhan dalam segala lakumu hari ini.

No comments: