Thursday, June 02, 2016

TETAP TANGGUH DALAM MASA KESUKARAN

Kamis, 2 Juni 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Habakuk 3:1-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Yehezkiel 42-44; 1 Yohanes 1

Ayat Hafalan
Habakuk 3:17-18, “Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.”

Renungan Inspirasi
Dalam buku 450 Stories for Life, Gust Anderson menceritakan kunjungannya ke sebuah gereja di suatu daerah pertanian, di sebelah timur Alberta, Kanada. Di daerah itu telah berlangsung kekeringan selama delapan tahun. Kondisi ekonomi petani di tempat itu tampaknya tak ada harapan lagi. Akan tetapi hal menarik yang dilakukan oleh mereka adalah meskipun dalam kemiskinan, namun banyak diantara mereka yang terus berkumpul untuk memuji dan menyembah Tuhan. Anderson sangat terkesan dengan kesaksian seorang petani yang berdiri dan mengutip Habakuk 3:17-18. Dengan sungguh-sungguh petani itu berkata, “Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbunga dan semua ternak tidak ada di kandang. Tetapi aku akan bersorak-sorak di dalam Tuhan”. Anderson berpikir, inilah alasan mengapa mereka dapat tetap tangguh dalam masa kesukaran.

Nabi Habakuk pernah menuliskan hal ini untuk kaum Saleh Yehuda yang mengalami masa kesukaran atas penjajahan bangsa Babel (Hab. 1:6-13). Ditengah ketidakpahaman akan perbuatan Allah memakai Babel untuk menghukum Yehuda, ia tetap percaya bahwa Allah akan bertindak pada saatnya, tidak peduli sesukar apapun hal yang dihadapi oleh sisa kaum Yehuda yang saleh saat itu. Ujian dari ketangguhan kehidupan orang percaya bukan pada saat berada kehidupan yang nyaman, tapi saat menghadapi pergumulan masa sukar yang luar biasa. Rahasia untuk tetap tangguh dalam masa sukar tidak lain adalah memiliki iman percaya yang tidak bergeser oleh hal apapun. Renungan hari ini mengajarkan kita bahwa meskipun berada dimasa sukar, tetaplah bersukacita dan percaya kepada Allah yang memelihara kita.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dikatakan Nabi Habakuk  saat mengalami masa sukar (ay. 3)?
2. Hal apa yang Allah inginkan  saat Anda mengalami masa sukar?

Pokok Doa
Tuhan yang Baik, aku bersyukur kepada-Mu meski apa yang kualami saat ini aku tidak mengerti.

Kata - Kata Bijak
Ketangguhan iman seseorang terbukti saat menghadapi masa sukar.

Yang Harus Dilakukan
Cobalah mengucap syukur dan memuji kebesaran Allah di masa sukar.

No comments: