Wednesday, July 13, 2016

BELAJAR HIDUP TAAT

Rabu, 13 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yesaya 30:1-18

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 9:1-17; Kejadian 29-30

Ayat Hafalan
Yesaya 48:18,“Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti, “

Renungan Inspirasi
Sabuk pengaman mobil menyelamatkan jiwa. Menurut National Highway Traffic Safety Administration, penumpang yang duduk di kursi depan dan menggunakan sabuk pengaman akan mengurangi resiko kematian sebesar 45%. Namun, hanya 10%-15% orang yang mau memakainya sebelum undang-undang yang mengharuskan hal itu dikeluarkan pada tahun 1980. Penggunaan sabuk pengaman di Amerika meningkat menjadi 68% pada tahun 1996, sedangkan 32% sisanya tetap mengacuhkan undang-undang dan menantang maut. Akan tetapi sangat ironis dalam tahun 2008 pengguna sabuk di AS malah hanya naik 3% dari tahun 1996. Hal ini menggambarkan bahwa banyak orang yang begitu sulit untuk taat kepada peraturan. Padahal peraturan diadakan demi untuk untuk menyelamatkan nyawa mereka.

Nabi Yesaya pernah melukiskan bahaya dari ketidaktaatan kepada Allah (ay. 12-17).  Allah telah berulangkali meyakinkan rakyat Israel bahwa jika mereka mau bergantung kepada-Nya, Dia akan menjadi keselamatan bagi mereka dalam saat-saat sulit. Namun, mereka tidak mau mendengar. Karena itu, banyak diantara mereka yang mati tanpa menerima pertolongan-Nya.

Dalam kehidupan, sering kita merasa bahwa apa yang menjadi perintah Tuhan begitu berat. Dan keinginan untuk tidak taat sering ingin kita lakukan. Tapi percayalah, larangan dan perintah Tuhan bukan untuk membatasi kita melainkan untuk kebaikan kita. Biasakanlah untuk taat kepada perintah Tuhan meskipun terkadang sulit. Sikap taat kepada Tuhan akan membawa kita kepada kehidupan yang penuh berkat.

Refleksi Diri
1. Mengapa bangsa Israel mengalami kehancuran (ay. 12-14)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan agar bangsa Israel diselamatkan (ay. 15)?

Pokok Doa
Terima kasih Tuhan mengingatkanku bahwa ketaatan kepada-Mu memberi masa depan yang baik.

Kata - Kata Bijak
Segala perintah Tuhan semata-mata hanya untuk kebaikan kita.

Yang Harus Dilakukan
Mulai mengikuti perintah Tuhan meski terkadang sulit dilakukan.

No comments: