Wednesday, July 27, 2016

BELAJAR MENEPATI JANJI

Rabu, 27 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 5:33-37

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 17; Keluaran 14-15

Ayat Hafalan
Matius 5:37, “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak.  Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat”.

Renungan Inspirasi
Ada sebuah ungkapan dalam bahasa Inggris yang berbunyi, "Never make a promise you can't keep", dan ini baik untuk kita ingat. Berjanji itu mudah, tapi menepatinya bagi banyak orang bisa jadi sulit. Hampir setiap hari kita bertemu dengan orang yang dengan cepat memberi janji tetapi kemudian mangkir dengan berbagai alasan. Selalu ada saja alasan yang mereka pakai sebagai pembenaran untuk melanggar janjinya. Tidakkah Anda kesal apabila Anda sudah menunggu lama, tapi ternyata orang yang Anda tunggu itu tidak jadi datang? Apalagi kalau tanpa pemberitahuan. Bagi kebanyakan orang, perilaku seperti ini mungkin dianggap manusiawi dan wajar. Namun ini adalah perilaku yang tidak befrtanggung jawab. Secara tidak langsung juga dapat membentuk karakter yang suka berbohong.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita dengan tegas agar janji kita dapat dipercayai. Sifat ini sama dengan sifat Tuhan yang selalu menepati janji-Nya. Perilaku ingkar janji tidak berbeda jauh dengan berbohong. Dalam bahasa Inggrisnya, Matius 5:37: "Let your Yes be simply Yes, and your No be simply No; anything more than that comes from the evil one." Aturannya jelas. Jika kita sudah mengatakan ya, tepatilah, sebelum si jahat menemukan sebuah lahan bermain yang menyenangkan dalam diri kita, dan kemudian membuat kita terus berbohong sehingga akhirnya menjadi kebiasaan. Mari belajarlah sejak dini untuk menepati dan menganggap serius sebuah janji. Ketika kita selalu menepati janji, dengan sendirinya menjadi saksi kuat akan diri kita dalam hal kebenaran, sehingga kita tidak perlu bersumpah untuk meyakinkan orang lain.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang diinginkan Tuhan dalam bacaan hari ini (ay. 37)?
2. Apa yang terjadi jika kita sering ingkar janji?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk menjadi pribadi yang bisa menepati janji terutama kepada-Mu.

Kata - Kata Bijak
Orang yang selalu berjanji dan menepatinya adalah orang yang dapat dipercaya.

Yang Harus Dilakukan
Ambillah komitmen untuk menepati janji yang Anda buat hari ini.

No comments: