Wednesday, July 20, 2016

BERDOA SEBAGAI GAYA HIDUP

Rabu, 20 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Daniel 6:1-28

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 13:1-30; Kejadian 46-48

Ayat Hafalan
Daniel 6:10, Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut berdoa serta memuji Allahnya , seperti yang biasa dilakukannya.

Renungan Inspirasi
Sebuah slogan berbunyi, “Doa adalah nafas hidup orang kristen.” Mengapa slogan itu tidak berbunyi, “Doa adalah makanan atau minuman rohani orang kristen?” Sebuah penelitian mengatakan bahwa, manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan (hanya dengan minum) selama kurang lebih 40-60 hari; tergantung daya tahan dan lemak yang ada di dalam tubuhnya. Dan manusia dapat bertahan hidup tanpa minum sekitar tiga hari. Tetapi manusia hanya bisa bertahan paling lama 8 menit saja, jika manusia tidak bernafas. Dari penelitian tersebut kita dapat menarik kesimpulan yaitu, doa sama pentingnya seperti manusia membutuhkan nafas. Itulah sebabnya doa harus dijadikan sebagai gaya hidup orang percaya tiap hari.

Dalam renungan hari ini, kita belajar dari seorang tokoh iman yang bernama Daniel. Alkitab mencatat bahwa Daniel bukan saja menghampiri Tuhan saat dia berada di posisi yang terancam hidupnya, tetapi dia telah menjadikan doa sebagai kebutuhan rohani yang utama. Hal itu terlihat dari ungkapan kata keterangan yaitu, “seperti yang biasa dilakukannya” (ay. 11). Artinya hari-hari sebelumnya dia sudah biasa melakukan hal itu. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa doa kepada Tuhan, bukan saja dilakukan saat kita mengalami masalah atau sebagai syarat keagamaan. Tapi doa seharusnya menjadi sarana kita menjalin hubungan yang akrab dengan Tuhan. Percayalah ketika doa berubah menjadi gaya hidup, maka kehidupan kita pasti akan ikut berubah dan mengalami kebaikan demi kebaikan dari Tuhan setiap saat.

Refleksi Diri
1. Apa arti doa bagi seorang Daniel?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda mengenai hal berdoa?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk menjadikan doa sebagai gaya hidupku.

Kata - Kata Bijak
Doa bukan hanya berisi permintaan tetapi suatu hubungan yang akrab dengan Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah membiasakan diri untuk berkomunikasi rutin dengan Tuhan dalam doa.

No comments: