Sunday, July 24, 2016

BERLOMBALAH DENGAN TEKUN

Minggu, 24 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Timotius 4:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 15:1-20; Keluaran 7-8

Ayat Hafalan
2 Timotius 4:7, “Aku telah mengakhiri pertandingan  yang baik , aku telah mencapai garis akhir  dan aku telah memelihara iman”.

Renungan Inspirasi
Zoe Koplowitz adalah seorang ibu berusia 54 tahun, yang rutin mengikuti lomba lari maraton di New York. Total maraton yang telah beliau ikuti mencapai 20 buah, semuanya bukan dimenangi Zoe, sebaliknya Zoe selalu finish di urutan terakhir! Ketika juara pertama finish dengan waktu sekitar 2 jam, Zoe mencapai garis finish dengan menempuh waktu 33 jam dan 9 menit, dan dengan sendirinya mencatat rekor waktu terlama dalam sejarah maraton wanita. Memalukan? Tidak. Ini prestasi mencengangkan yang membuat banyak orang kagum dan menjadikan Zoe teladan bagi banyak orang. Kenapa bisa demikian? Jawabannya sederhana: karena Zoe melakukan semua itu dalam keadaan lumpuh. Zoe menderita penyakit multiple sclerosis, sebuah penyakit saraf kronis yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Dia ingin membuktikan bahwa penyakitnya tidak akan mampu meredam semangat yang ada di dalam dirinya, dan tidak akan pernah menghentikan perjuangannya.

Kehidupan kekristenan kita pun sama seperti lomba maraton. Paulus berkata dengan yakin bahwa dia telah mencapai garis akhir. Tips yang diberikan Paulus kepada Timotius cukup jelas, yaitu: penguasaan diri, kesabaran menghadapi penderitaan, dan menyelesaikan tugas pelayanan dengan setia. Dalam situasi atau kondisi apapun kita harus sampai garis akhir (ay. 7). Dalam kehidupan, masalah apapun tidak boleh membuat kita berhenti di tengah jalan. Tapi ingatlah kita harus terus berjuang sampai akhir, sehingga mahkota kebenaran akan diberikan pada kita. Hari ini, apakah Anda mulai letih dalam mengiring Tuhan? Mari tetaplah berlari dan selesaikan pertandingan iman Anda.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang dikatakan Paulus kepada Timotius (ay. 5)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda dalam perlombaan iman (ay. 7)?

Pokok Doa
Tuhan mampukan aku untuk tetap setia dalam perjalanan iman hingga akhir hidupku.

Kata - Kata Bijak
Bertekunlah dalam perlombaan iman karena ada mahkota kehidupan yang menanti kita.

Yang Harus Dilakukan
Bangkitkan kembali semangat Anda untuk mengiring Tuhan.

No comments: