Friday, July 22, 2016

BERSABAR DI MASA SULIT

Jumat, 22 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 1:1-4

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 14:1-21; Keluaran 1-3

Ayat Hafalan
Yakobus 1:4, “Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.”

Renungan Inspirasi
Salah satu hal yang paling membuat kita menjadi sangat frustasi adalah ketika jadwal yang Tuhan miliki berbeda dengan jadwal kita. Sebagai manusia, kita cenderung terburu-buru dan ingin agar segala sesuatunya berjalan atau berlangsung cepat, sementara Tuhan tidak demikian. Dalam buku terkenal berjudul, “Secrets of Instant Sainthood” (Rahasia Instan Menjadi Orang Benar) diceritakan, “Ketika Allah ingin membuat sebuah pohon ek raksasa, tentu dibutuhkan waktu ratusan tahun untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Tetapi ketika Ia ingin membuat sebuah jamur, Ia dapat melakukannya hanya dalam semalam”. Segala hal yang prosesnya terburu-buru kebanyakan memiliki kualitas yang tidak bertahan lama.

Yakobus pernah menuliskan suratnya kepada kedua belas suku di perantauan. Dia membukanya dengan perkataan, agar tetap bertekun dalam iman waktu mengalami pencobaan karena semuanya itu mendatangkan iman yang dewasa (ay. 1-3). Yakobus mengetahui bahwa membutuhkan sebuah proses yang panjang dalam membentuk kehidupan iman. Tapi hal ini yang harus kita ingat bahwa Allah tidak pernah terburu-buru; Ia selalu tepat waktu. Cobalah untuk senantiasa mengingat-ingat, seberapa jauh pencapaian yang sudah kita raih dan tidak hanya memikirkan sebarapa jauh kita harus melangkah. Kita memang tidak berada di tempat yang kita inginkan saat ini, tetapi kita juga tidak berada di tempat yang sama sebelumnya. Bersabarlah terhadap setiap proses yang sedang dan akan kita jalani. Allah selalu memberikan pertolongan tepat pada waktunya dalam kehidupan kita.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang dikatakan Yakobus agar memperoleh iman sempurna (ay. 4)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan agar Anda memperoleh iman sempurna?

Pokok Doa
Tuhan berikan aku kekuatan dan kesabaran untuk melewati masa-masa sulit dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Iman yang bekerja sama dengan ketekunan membawa kepada berkat Janji Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Bersabarlah dan ingatlah pertolongan Tuhan dimasa lalu.

No comments: