Saturday, July 30, 2016

BUDAYA TEPAT WAKTU

Sabtu, 30 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yeremia 29:10-14

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 19; Keluaran 21-22

Ayat Hafalan
Yeremia 29:10, Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.

Renungan Inspirasi
Baru-baru ini situs analisis penerbangan, OAG, (www.oag.com), merilis statistik baru dan mengungkapkan jika melakukan penerbangan dari bandara utama di Jepang, pesawat akan tiba dan tinggal landas tepat waktu. Bandara International Osaka disebut dengan bandara kecil terbaik dengan rating ketepatan waktu sebesar 93,85 persen. Sementara International Tokyo Haneda juga menempati peringkat teratas bandara berukuran besar dengan tinggkat ketepatan 91,25 persen. Prestasi Jepang sendiri ternyata bukanlah tanpa alasan, menurut sebuah penelitian Prof. Dr. Takehiko Hashimoto mengatakan budaya tepat waktu mereka terkait dari sejarah panjang zaman dulu. Hal ini diawali dari sistem sekolah Jepang dengan falsafah “kobushido” mengenai ketepatan waktu para samurai. Dan untuk merubah budaya untuk tepat waktu dibutuhkan 50 tahun dari masa Samurai.

Tuhan juga memiliki budaya tepat waktu. Tuhan mengembalikan bangsa Israel dari pembuangan dilaksanakan tepat waktunya setelah 70 tahun seperti yang dijanjikan-Nya (ay. 10 bndg. 2 Taw. 36:21). Tepat waktu menandakan kita anak Tuhan sejati yang mewarisi nilai kerajaan Allah. Raja Perancis Louis XVIII pernah berkata, “Tepat waktu adalah tata kesopanan di antara para raja.” Maksudnya adalah tepat waktu menunjukkan siapa kita dan dari mana kita berasal. Budaya tepat waktu menunjukkan bahwa kita menghargai atau menghormati orang lain. Selain itu dengan belajar tepat waktu dapat membuka kesempatan dan peluang untuk mencapai keberhasilan. Seringkali kesempatan sudah ada di depan mata tapi akhirnya hilang karena kita tidak tepat waktu. Tuhan ingin agar kita mencapai keberhasilan dalam hidup, mari bangun budaya tepat waktu untuk meraih hal tersebut.

Refleksi Diri
1. Bagaimanakah sikap Tuhan terhadap apa yang dijanjikan-Nya (ay. 10)?
2. Hal apa yang dapat kita lakukan untuk menghargai orang lain?

Pokok Doa
Tuhan tolong aku untuk dapat mengelola waktu dengan baik, sehingga semua yang aku kerjakan dapat tepat waktunya.

Kata - Kata Bijak
Budaya on time (tepat waktu) adalah salah bentuk kita menghargai orang lain.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk mengatur waktu dengan baik agar dapat tepat waktu.

No comments: