Tuesday, July 19, 2016

BUKAN KITA TAPI KARENA TUHAN

Selasa, 19 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 127:1-5

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 12:22-50; Kejadian 43-45

Ayat Hafalan
Mazmur127:1, “Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah , sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga”

Renungan Inspirasi
Apakah Anda pernah berpikir, "Kalau bukan saya yang bekerja, mana bisa keluarga saya hidup?" atau "Kalau bukan saya yang mengatur semuanya, mana ada kerjaan di kantor yang beres?" Hati-hati dengan pikiran seperti itu, karena hal itu adalah suatu bentuk kesombongan tersembunyi. Saat kita berpikir atau berkata seperti itu, sebenarnya kita sedang mengagungkan diri sendiri melebihi Allah. Kita berpikir, kitalah yang menjadikan keluarga atau perusahaan kita mampu bertahan. Padahal, tidak begitu kebenarannya.

Salomo memperingatkan kita akan hal tersebut dalam nyanyian ziarahnya yang kemudian dicatat sebagai Mazmur 127. Frasa kunci dalam Mazmur Salomo ini adalah "Jikalau bukan Tuhan yang..." Ya, jika bukan Tuhan yang memberkati kita, seberapa keras pun usaha kita tidak akan membuat keluarga kita bertahan hidup. Jika bukan Tuhan yang memberkati pekerjaan kita, mungkin kantor atau toko atau bisnis yang kita kelola sudah gulung tikar dari dulu. Kebenaran ini dapat diberlakukan dalam berbagai sisi kehidupan kita, seperti dalam kehidupan pernikahan, membesarkan anak, membangun relasi, dan pelayanan di gereja. Jikalau bukan Tuhan yang campur tangan, sia-sialah semua usaha kita, sekeras apa pun itu. Biarlah kebenaran ini mendorong kita untuk terus mengandalkan pemeliharaan dan kemurahan Tuhan dalam seluruh aspek kehidupan kita.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang diingatkan Pemazmur di dalam kehidupan ini (ay. 1-2)?
2. Hal apakah yang Tuhan ingin selalu Anda ingat selama hidup?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk senantiasa menyatakan bahwa “semua karena Engkau”.

Kata - Kata Bijak
Segala hal baik yang kita terima dalam hidup itu semua karena Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk tidak melupakan Tuhan dalam segala pencapaian kita.

No comments: