Monday, July 25, 2016

GENERASI YANG MEMBALAS BUDI ORANG TUA

Senin, 25 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
I Timotius 5:1-4

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 15:21-39; Keluaran 9-11

Ayat Hafalan
1 Timotius 5:3, “Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah."

Renungan Inspirasi
Narayama Bushiko (The Ballad of Narayama) adalah sebuah novel terkenal yang akhirnya diangkat sebagai film layar lebar oleh Keisuke Kinoshita pada tahun 1958 dan Shohei Imamura pada tahun 1983. Dalam novel ini, bercerita tentang orang lanjut usia berusia 70 tahun diajak "berziarah ke Gunung Narayama". Dengan digendong oleh anaknya, orang tua lanjut usia dibawa ke hutan di tengah gunung untuk ditinggalkan sendiri menunggu kematian. Hal itu merupakan tradisi atau peraturan untuk mengurangi jatah makanan di desa itu. Dibalik kesuksesan film dan novel ini, ada pelajaran berharga yang kita bisa ambil. Yaitu, biarlah kita tidak pernah melupakan orang tua kita apalagi dengan tega membiarkan dia tua sendirian dan tidak mempedulikan mereka. Tetapi sebaliknya mengasihi dan menghargai mereka.

Rasul Paulus pernah menuliskan surat kepada Timotius agar seorang anak atau cucu tidak lupa berbakti dan membalas budi kepada orang tua (ay. 4). Setiap anak dan cucu hendaklah belajar berbakti dan membalas budi orang tua serta nenek atau kakek mereka. Disaat orang tua sudah tidak bisa lagi berbuat banyak karena usia mereka yang sudah lanjut, itulah saatnya bagi para anak dan cucu untuk berbakti membalas budi mereka yang dahulu mati-matian dalam membesarkan anak-anaknya dengan penuh cucuran keringat dan air mata. Ketika kita belajar melakukan hal ini, tentu ada berkat tersendiri yang akan kita terima. Tuhan berjanji akan memberkati dengan umur panjang dan kebahagiaan (bdg. Ul. 5:16).

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang dikatakan Paulus kepada Timotius (ay. 4)?
2. Hal apa yang Tuhan ingin Anda lakukan kepada orang tua Anda?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku karena kadang melupakan orang tuaku selama ini.

Kata - Kata Bijak
Anak yang diberkati hidupnya oleh Tuhan adalah anak yang tidak melupakan orang tuanya

Yang Harus Dilakukan
Berilah waktu untuk berbicara dengan perhatian kepada orang tua Anda.

No comments: