Friday, July 01, 2016

GOOD BEHAVIOR

Jumat, 1 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 5:1-48

Bacaan Alkitab satu tahun
Maleakhi 1-4; Wahyu 22

Ayat Hafalan
Matius 5:48,“Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Renungan Inspirasi
Pernahkah kita berpikir sejenak mengapa TUHAN begitu peduli kepada manusia, sehingga dengan detailnya memberikan arahan lewat Firman-Nya? Jawabannya sederhana karena TUHAN menginginkan kita bisa menikmati masa depan yang baik.

Masa depan yang baik tidak mungkin datang begitu saja. Tapi ada usaha yang perlu kita bangun dalam kehidupan. Usaha yang dimaksudkan adalah proses perubahan menuju perilaku yang baik sesuai Firman Allah. Menurut penelitian terbaru dari Phillippa Lally dari University College London yang dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology menyatakan bahwa, waktu yang diperlukan untuk menciptakan perilaku yang baru, kurang lebih antara 21 hari - 66 hari (sekitar 2 bulan). Artinya, perlu adanya usaha  serius dari kita untuk membangun sebuah perilaku yang baik.

Tema yang diusung bulan ini adalah “Good Behavior” (Perilaku yang Baik). Dengan harapan setiap kita dapat memulai kebiasaan baik dalam kehidupan. Dalam Alkitab ada begitu banyak contoh-contoh tentang tentang perilaku hidup orang Kristen. Dalam bacaan kita, Tuhan Yesus secara ringkas telah menyimpulkannya, yaitu: Perilaku kita harus di atas rata-rata perilaku orang dunia (ay. 1-48). Hal ini mencakup perubahan cara pikir, perkataan, hinggga tindakan. Ketika kita mulai menghidupi perilaku yang baik, ingatlah, masa depan yang baik pasti akan kita raih. Hari ini pertanyaannya, kebiasaan apa yang selama ini telah kita bangun untuk membentuk perilaku kita?

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang di katakan Yesus mengenai perilaku orang percaya?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan agar Anda memperoleh masa depan yang baik?

Pokok Doa
Tuhan berikan aku kekuatan saat aku memulai kebiasaan yang baik.

Kata - Kata Bijak
Lebih mudah memulai ratusan perilaku buruk ketimbang memulai satu kebiasaan yang baik.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini dengan tekad yang kuat memulai satu kebiasaan yang baik.

No comments: