Monday, July 04, 2016

MEMBIASAKAN BERPIKIR POSITIF

Senin, 4 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Filipi 4:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 3; Kejadian 7-9

Ayat Hafalan
Filipi 4:8, Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci , semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Renungan Inspirasi
Ada sebuah kutipan menarik yang berbunyi “The mind is everything. What you think, you become,” atau dapat diartikan pikiran kita adalah segalanya, apa yang kita pikirkan itulah yang terjadi. Hal ini mengajarkan kita bahwa kehidupan kita tidak jauh-jauh dari apa yang sering kita pikirkan. Sadarkah kita bahwa keberhasilan kita akan sangat tergantung dari cara pandang atau pola berpikir kita? Ada keterkaitan kuat antara seberapa besar daya tahan, semangat, daya juang, mental kita dengan apa yang ada di pikiran kita. Seringkali pikiran-pikiran negatif menghambat kita untuk mengalami peningkatan dalam hidup. Bisa saja kita tetap percaya Tuhan, tetapi isi pikiran kita hanya dipenuhi hal-hal yang negatif.

Dalam renungan kali ini Paulus mengingatkan jemaat di Filipi untuk senantiasa berpikir positif (Filipi 4:8 bdng. Ayub 3:25). Perhatikan, ketika Paulus menuliskan hal ini, dia sendiri sebenarnya sedang dalam keadaan yang tidak baik. Paulus tengah dipenjara pada saat itu. Ia punya segudang alasan untuk mengeluh, merasa kecewa atau bahkan menyalahkan Tuhan. Ketika pikiran kita hanya berisi hal-hal negatif seperti kekhawatiran, ketakutan, kebencian, kemarahan, kepedihan, keluh kesah, kegagalan, trauma-trauma masa lalu, ketidakpercayaan diri dan sebagainya, hidup kita pun tidak akan pernah terasa indah. Biasakanlah untuk selalu berpikir positif, sekalipun dalam kejadian yang buruk pun selalu ada pelajaran yang dapat dipetik.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa saja yang dikatakan Paulus mengenai pikiran?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan  agar  Anda memperoleh masa depan yang baik?

Pokok Doa
Terima kasih Tuhan karena Firman-Mu adalah sumber dari segala yang positif.

Kata - Kata Bijak
Apa yang sedang kita pikirkan akan sangat menentukan masa depan kita.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini dengan selalu berpikir mengenai hal yang positif.

No comments: