Sunday, July 03, 2016

MEMPERCAYAI JANJI TUHAN

Minggu, 3 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yesaya 41:8-20

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 2; Kejadian 4-6

Ayat Hafalan
Yesaya 41:10, “janganlah takut,  sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan,  bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan”.

Renungan Inspirasi
Dalam majalah Campus Life, Susan Smart menceritakan penerbangan tunggalnya yang ketiga, yang hampir menewaskannya saat berlatih gerakan akrobatik pada ketinggian 1.524 meter, tiba-tiba pesawatnya, Cessna 150, kehilangan kendali dan mulai berputar-putar jatuh. Setelah panik beberapa detik, ia teringat kata-kata instrukturnya: "Jika suatu saat pesawat Cessna yang kamu terbangkan kehilangan kendali, lepaskan saja kontrol kemudinya. Pesawat itu dirancang untuk dapat terbang dengan sendirinya. "Berulangkali Susan berteriak pada dirinya sendiri, "Lepaskan!" Akhirnya, ia melepaskan kontrol kemudi pesawat dan menutup mukanya. Setelah oleng dan berjungkir balik di angkasa selama beberapa saat, pesawat itu pun kembali tegak. Pesawat itu telah berjungkir balik sejauh satu kilometer lebih, tetapi Susan selamat karena ia memiliki keyakinan untuk melepaskan kontrol kemudi.

Hal serupa juga pernah dingatkan Nabi Yesaya kepada umat Israel saat mereka berada ditengah kesulitan pada masa pembuangan di Babel. Pesan Nabi Yesaya bertujuan agar mereka kembali mengingat akan janji Tuhan kepada mereka. Isi pesan tersebut yaitu: “Ingatlah bahwa Tuhan yang telah memilih Israel (ay. 18), dan Ia juga berjanji akan senantiasa menyertai dan memberikan pertolongan (ay. 10). Dalam kehidupan ini, kita pasti akan menemui masalah hidup di luar kendali kita. Hati kita kadang menjadi panik dan meragukan janji-janji-Nya. Tapi percayalah kepada janji Tuhan lebih dari keadaan yang kita lihat. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Pertanyaannya, apakah Anda masih memilih tetap percaya akan janji-janji Tuhan melebihi masalah yang dihadapi?

Refleksi Diri
1. Apakah isi janji Tuhan kepada umat Israel?
2. Apa yang Tuhan inginkan untuk Anda lakukan saat mengalami pergumulan hidup?

Pokok Doa
Tuhan, ingatkan aku untuk lebih percaya kepada janji-Mu saat aku mengalami masalah.

Kata - Kata Bijak
Dalam segala situasi apapun, janji Tuhan selalu dapat diandalkan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah mengingat janji Tuhan pada Anda saat mengalami masalah.

No comments: