Saturday, July 02, 2016

MEMPRAKTEKKAN PERBUATAN KASIH

Sabtu, 2 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 13:31-35

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 1; Kejadian 1-3

Ayat Hafalan
Yohanes 13:35, Dengan  demikian semua orang  akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.

Renungan Inspirasi
The Blind Side merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang pemain American Football bernama Michael Oher. Michael yang berbadan gemuk dan besar sering disapa dengan panggilan Big Mike. Michael semula adalah anak jalanan yang dibuang dari satu keluarga ke keluarga lainnya. Dia akhirnya bisa masuk sekolah Kristen karena bantuan orang tua salah satu rekannya. Di sekolah itu, Michael menjadi sorotan karena berkulit hitam. Karena tak punya tempat tinggal, setiap hari Michael tidur di dalam gym sekolah. Keadaan Michael membuat seorang ibu bernama Leigh Anne Tuohy menaruh belas kasihan. Leigh akhirnya menawarkan Michael untuk tidur di rumahnya. Berkat kasih sayang dan perhatian tulus yang keluarga Leigh berikan, Michael akhirnya tumbuh menjadi seorang pemain football yang hebat. Ketika film ini dipasarkan, Michael Oher baru saja dipilih menjadi pemain NFL oleh Baltimore Ravens pada tahun 2009.

Tuhan Yesus pernah mengajarkan kepada murid-murid-Nya agar mempraktekkan sebuah perintah baru, yaitu mereka harus saling mengasihi. Dengan tujuan agar orang lain dapat melihat dengan jelas sosok Kristus dalam kehidupan para murid (ay. 35). Perbuatan kasih adalah (KTP) Kartu Tanda Pengenal dari pengikut Kristus. Kita juga telah menjadi bagian dari murid Kristus. Mulailah berbuat kasih dengan: menyalakan kembali semangat saudara kita yang padam, menghibur mereka yang susah, mengangkat kembali saudara yang terjatuh, mendorong untuk semakin mencintai Tuhan dan jenis perbuatan kasih lainnya. Teruslah melakukan hal ini karena dengan demikian akan banyak orang yang mengenal Kristus secara pribadi melalui hidup kita.

Refleksi Diri
1. Pesan apa yang Tuhan Yesus sampaikan kepada para murid?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan  kepada Anda sebagai pengikut Kristus?

Pokok Doa
Ya Tuhan, aku berdoa limpahkanlah senantiasa hatiku dengan kasih-Mu.

Kata - Kata Bijak
Dengan  mempraktekkan kasih  kepada orang lain, memberi bukti bahwa kita adalah murid Kristus sejati.

Yang Harus Dilakukan
Bukalah hati untuk menerima apa adanya keadaan saudara seiman.

No comments: