Monday, July 11, 2016

MENABUR PEKERJAAN TUHAN

Senin, 11 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 9:1-15

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 8:1-17; Kejadian 25-26

Ayat Hafalan
2 Korintus 9:6, Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga , dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.

Renungan Inspirasi
Penjualan Pocari Sweat dimulai April 1980. Tetapi produk ini tidak diterima di masyarakat karena rasanya yang tidak enak. Akhirnya Presdir Akihiko mengeluarkan keputusan yang mencengangkan. Beliau membagikan secara gratis dalam jumlah yang tidak terbatas. Hingga kerugian perusahaan
mencapai lebih dari 30 juta kaleng atau senilar 400 milyar rupiah. Akan tetapi penjualan Pocari Sweat justru meningkat drastis setahun berikutnya yaitu pada musim panas pada tahun 1981. Konsumen ternyata sudah mengerti konsep dan rasa dari Pocari Sweat berkat operasi pembagian gratis tahun sebelumnya. Pada tahun berikutnya penjualannya melonjak 3 kali lipat mencapai 2.6 trilyun rupiah. Bahkan hingga kini produk ini telah berada di hampir seluruh bagian dunia. Dalam kisah ini ada satu pelajaran penting yang dapat kita ambil yaitu prinsip menabur yang dilakukan Akihiko.

Dalam bacaan hari ini, rasul Paulus mengajarkan sebuah kunci hidup penuh berkat kepada jemaat Korintus. Kunci berkatnya adalah ketika mereka belajar menabur banyak dalam pekerjaan Tuhan, mereka pasti menuai berkat berlimpah. Meskipun demikian, memberi haruslah disertai dengan motivasi yang tulus dan rela (ay. 7). Sebagai orang percaya, seringkali kita kurang memperhatikan hal ini. Kadang pemberian untuk Tuhan begitu kecil dibandingkan hal-hal yang kurang penting bagi kehidupan. Bahkan sebagian orang memberi hanyalah sisa dari apa yang digunakan tidak dipersiapkan dahulu. Ingatlah, memberi merupakan suatu hukum rohani. Maksudnya, apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai. Orang yang menabur sedikit akan menuai sedikit, sebaliknya orang yang menabur banyak pasti akan menuai banyak.

Refleksi Diri
1. Prinsip apa yang diajarkan Paulus kepada jemaat Korintus?
2. Sikap bagaimana yang Tuhan inginkan ketika Anda memberi?

Pokok Doa
Tuhan ampunilah aku yang kadang lupa untuk menabur pekerjaan-Mu.

Kata - Kata Bijak
Orang yang rajin menabur pekerjaan Tuhan tidak akan pernah berkekurangan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk mulai memberi bagi pekerjaan Tuhan.

No comments: