Tuesday, July 26, 2016

MENGHADAPI KRITIK

Selasa, 26 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 18:13-27

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 16; Keluaran 12-13

Ayat Hafalan
Amsal 1:5, baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan--

Renungan Inspirasi
Manakah yang Anda sukai? Menerima pujian atau menerima kritik? Jujur, kita semua lebih suka dipuji karena itu menandakan orang lain menghargai apa yang kita lakukan. Orang lain mengakui bahwa kita memang cerdas, hebat, dan pantas melakukan apa yang sudah kita perbuat. Sedangkan kritik biasanya kurang kita sukai karena itu cenderung mengoreksi kelemahan diri kita, memaksa kita melakukan yang lebih baik. Namun kadangkala kritik justru menyelamatkan kita dari kehancuran. Meskipun tak semua kritik itu membangun, karena ada beberapa orang mengkritik karena benci atau mencari-cari kesalahan, tapi mari kita belajar untuk menerima kritik dengan cara yang benar.

Dalam renungan hari ini, kita belajar dari Musa yang sedang mengalami kritik dari mertuanya Yitro. Meski mertuanya ini hanyalah seorang gembala kambing, dia tidak menganggap kritiknya tidak penting. Justru sebaliknya, Musa dengan rendah hati mau menerima kritik Yitro mengenai caranya mengadili umat Israel (ay. 14). Setelah dia mendengar kritik yang berguna itu, ia pun menerima nasihat Yitro karena dianggap baik dan tepat (ay. 19). Dalam kehidupan ini, kadang kita menemui orang yang sering memberi kritik. Bahkan tak jarang begitu kritis dan tajam mengkritik di beberapa area hidup kita. Tapi jangan bersikap marah atau membencinya tapi berterima kasihlah, karena itu tandanya mereka memperhatikan dan ingin melihat kita lebih baik. Hari ini apakah Anda sedang mengalami kritik? Terimalah dan jangan membenci atau berusaha menghindarinya.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Musa saat Yitro memberi kritik kepadanya?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda saat menerima kritik dari orang lain?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah menggunakan orang lain untuk mengkritik hidupku agar lebih baik.

Kata - Kata Bijak
Pandanglah setiap kritik sebagai bahan koreksi untuk kita menjadi lebih baik.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah membiasakan diri untuk tidak cepat menolak setiap kritikan yang datang.

No comments: