Thursday, July 21, 2016

MENGHARGAI ANAK

Kamis, 21 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 18:6-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 13:31-58; Kejadian 49-50

Ayat Hafalan
Matius 18:6 (BIS), "Siapa menyebabkan salah satu dari orang-orang yang kecil ini tidak percaya lagi kepada-Ku, lebih baik kalau batu penggilingan diikatkan pada lehernya dan ia ditenggelamkan di laut yang dalam”

Renungan Inspirasi
Dalam harian Kompas, kolom regional (2/5/2016). Dunia maya di media sosial, terutama Twitter, mendadak ramai dengan munculnya tagar atau (tanda pagar) #NyalaUntukYuyun. Tagar ini merupakan bentuk perlawanan dan solidaritas netizen terhadap meninggalnya YN (14), seorang siswi SMP di Desa Padang Ulak Tanding, Kecamatan Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada pertengahan April 2016 yang diperkosa 14 pemuda saat pulang sekolah. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan, tahun 2011 terjadi 2178 kasus kekerasan, 2012 ada 3512 kasus, 2013 ada 4311 kasus, 2014 ada 5066 kasus. Adapun 5 kasus tertinggi dengan jumlah kasus per bidang terjadi dari 2011 hingga april 2015. Hal ini menandakan sebagai darurat kekerasan anak di tanah air.

Yesus mengecam keras orang yang memperlakukan anak kecil secara jahat (ay. 6). Kata "menyesatkan", skandalizo, berarti menjerat, membuat tersandung, menyebabkan orang meninggalkan jalan yang benar. Yesus serius memperhatikan iman anak kecil sehingga Dia serius menghukum orang yang menyesatkan anak kecil. Yesus sangat menghargai anak kecil dan menentang orang yang merendahkan mereka. Peringatan Yesus itu dalam konteks iman, namun dapat diterapkan secara lebih luas. Banyak orangtua kurang menghargai anak dengan membanding-bandingkan anak dengan anak lain, berfokus pada kesalahan anak, tidak memberi anak kesempatan berbicara atau mengemukakan pendapat, dan sebagainya. Perlakuan semacam ini dapat berdampak buruk, tak kalah dari kekerasan secara fisik. Biarlah kasih Yesus di dalam hati kita, mengajar kita untuk mengasihi anak-anak seperti Yesus mengasihi mereka.

Refleksi Diri
1. Hal penting apa yang Yesus katakan mengenai anak?
2. Sifat apa yang Tuhan inginkan dari Anda saat mendidik anak?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku mendidik anakku dengan penuh kasih dan tanggung jawab.

Kata - Kata Bijak
Keberhasilan seorang anak sangat ditentukan oleh cara mendidik orang tuanya.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah  dengan memperhatikan anak Anda dan ajarkanlah mengenai kebenaran Tuhan.

No comments: