Sunday, July 31, 2016

MENGHARGAI BERKAT TUHAN

Minggu, 31 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 6:11-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 20:1-16; Keluaran 23-24

Ayat Hafalan
Yohanes 6:12, "Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Kumpulkanlah potongan- potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang."

Renungan Inspirasi
Dilansir dari  nationalgeographic.co.id/berita/(01/2016/02). Setiap tahun, 1,3 miliar ton makanan dibuang di seluruh dunia. Perancis diperkirakan membuang 7,1 juta ton makanan setiap tahunnya, meski hanya 11 persen berasal dari toko-toko (67 persen adalah konsumen, dan 15 persen restoran). Senat Perancis telah melarang supermarket membuang makanan yang tidak terjual. Hukuman untuk pemimpin yang tidak melakukannya adalah denda hingga € 75.000 (£ 58.000 / $ 84.000), atau dua tahun penjara. Langkah ini diharapkan mendorong negara Eropa lain untuk membuat undang-undang serupa untuk mengelola makanan dengan benar. Ada banyak di antara kita yang berpikir hal seperti itu tidak masalah. Bukankah uang yang dipakai untuk membeli pun juga uang kita? Benar, itu uang kita. Tetapi pernahkah kita berpikir bahwa berkat itu berasal dari Tuhan dan bukan untuk disimpan sendiri, apalagi dibuang-buang?

Yesus pernah mengajarkan satu pesan penting tentang menghargai berkat-Nya. Pesan Yesus diawali saat Ia memberi makan ribuan orang dengan mujizat-Nya (ay. 11). Tapi lihat ayat berikutnya, Yesus mau agar mereka saat itu menghargai berkat-Nya (ay. 12). Tidak membuang makanan, artinya kita menghargai berkat yang diberikan Tuhan termasuk menghargai sang pemberi. Tidakkah akan jauh lebih baik apabila kita mempergunakannya  untuk memberkati orang lain? Marilah kita bersama-sama belajar menghargai berkat Tuhan, mensyukuri segala yang telah Dia berikan kepada kita, dan memakainya untuk memberkati orang lain.

Refleksi Diri
1. Nasihat apakah yang dikatakan Yesus mengenai berkat-Nya (ay. 12)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan agar Anda menghargai berkat Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang kadang tidak menghargai berkat-berkat pemberian-Mu.

Kata - Kata Bijak
Memanfaatkan berkat dengan baik adalah tanda kita menghormati sang pemberi berkat.

Yang Harus Dilakukan
Biasakan menikmati berkat Tuhan dengan rasa cukup dan ucapan syukur kepada Tuhan.

No comments: