Saturday, July 16, 2016

MENJADI SALURAN BERKAT

Sabtu, 16 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 11:24-31

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 10:16-42; Kejadian 36-38

Ayat Hafalan
Amsal 11:24, Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan

Renungan Inspirasi
The Dead Sea atau yang dikenal dengan sebutan Laut Mati. Tempat ini terletak tepatnya berada di wilayah barat Palestina. Fakta menariknya dari Laut Mati ternyata hanya dapat menerima aliran air dari luar tetapi tidak mampu menyalurkannya ke danau atau sungai sekitar. Hal inilah yang menyebabkan  kandungan garam di Laut Mati mencapai 33 persen dan tingkat keasinannya 10 persen lebih tinggi dari laut lainnya. Sehingga segala macam hewan dan tanaman air sulit untuk bertahan hidup. Hal ini  juga yang menyebabkan  semua benda bisa mengapung di Laut Mati, termasuk manusia. Ada pelajaran rohani berharga yang bisa kita petik dari Laut Mati. Apabila kita hanya terus menerima berkat dan tidak menyalurkan kembali kepada orang lain, maka perlahan kehidupan kita seperti terasa mati dan tidak berarti.

Amsal Salomo dengan hikmat dari Tuhan mengajarkan sebuah prinsip terus menabur berkat tetapi tetap diberkati Tuhan (ay. 24). Maksud ayat ini tentu bukan berarti kita sembarang memberi harta dimana saja dan tidak belajar hidup hemat. Tapi hikmat dalam ayat ini lebih menekankan sikap orang yang telah menerima kemurahan Allah, pasti ingin menabur berkat di dalam pekerjaan Tuhan bahkan membantu  orang lain. Belum pernah ada orang yang menabur tetapi tidak menuai. Hari ini, apakah Anda termasuk orang yang merasa pintu berkat seakan tertutup? Mungkin Anda bisa mulai menabur berkat di tempat yang tepat (pelayanan  dan orang yang membutuhkan).

Refleksi Diri
1. Hikmat apa yang Salomo ajarkan mengenai berkat Tuhan?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan agar Anda mengalami berkat Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk senantiasa menjadi saluran berkat-Mu.

Kata - Kata Bijak
Anda diberkati Tuhan tidak hanya untuk menaikkan standar hidup tetapi untuk menjadi berkat bagi orang lain.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini dengan langkah iman untuk menjadi saluran berkat Tuhan.

No comments: