Saturday, July 09, 2016

PENOLONG DALAM DOA

Sabtu, 9 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 8:18-30

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 6:19-34; Kejadian 20-22

Ayat Hafalan
Roma 8:26,Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Renungan Inspirasi
Pernahkah Anda sedang berdoa hingga tak mampu berkata-kata karena pergumulan hidup yang berat? Mungkin keadaan Anda hampir sama dengan sebuah ilustrasi ini: “Suatu saat ada seorang anak kecil yang belum lancar bertutur, dan ingin meminta dengan bahasanya bahkan dengan tangisan. Karna ibunya telah mengenal baik anak ini sejak dari lahir, maka ibunya dapat memahami apa yang sedang dituturkan. Meskipun kadang permintaan dari anak itu tidak baik untuk dirinya sendiri, tapi seorang ibu, tetap mengarahkan sesuatu yang baik”. Seorang ibu dapat kita gambarkan sebagai Roh Kudus yang pasti memahami maksud kita dan meneruskan kepada Bapa.

Rasul Paulus pernah mengingatkan kepada jemaat Roma, mengenai Roh Kudus yang membantu orang percaya saat berdoa didalam kelemahan. Kelemahan yang dimaksudkan yaitu ketidakmampuan untuk berdoa karena beratnya pergumulan hidup, dan ketidakmampuan orang percaya mengerti maksud dan rencana Tuhan dalam hidup. Sebagai orang percaya, terkadang badai hidup bisa datang menerpa hidup kita, membuat kita tak mampu berkata-kata. Tapi ingatlah, Tuhan tidak membiarkan kita sendiri di dunia ini, ada Roh Kudus yang setia menemani kita. Saat Roh Kudus terlibat dalam doa maka Allah mendengar dan menjawab doa kita, bahkan Ia berjanji akan menghibur dan menguatkan kita kembali.

Refleksi Diri
1. Apa yang Paulus katakan kepada jemaat di Roma (ay. 15)?
2. Siapakah Pribadi yang memberikan pertolongan dalam doa Anda?

Pokok Doa
Roh Kudus terima kasih buat kesetiaan-Mu yang selalu hadir dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Saat mengalami kelemahan hanya Roh Kudus pribadi tepat yang memberikan kekuatan.

Yang Harus Dilakukan
Tetaplah bertekun dalam doa saat mengalami kelemahan.

No comments: