Saturday, July 23, 2016

TANGGALKAN SIFAT MALAS

Sabtu, 23 Juli 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 3:6-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 14:22-36; Keluaran 4-6

Ayat Hafalan
Amsal 6:6,Hai pemalas , pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:

Renungan Inspirasi
Tahukah Anda, negara mana yang paling malas di dunia? Mungkin Anda perlu tahu akan fakta ini. Pada tahun 2012, jurnal medis terkemuka yaitu The Lance merilis sebuah studi mengukur aktivitas melalui tes dan survei mencangkup 122 negara.

The Lancet menggunakan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menentukan negara yang paling aktif fisiknya. Sekitar 71,9 persen penduduk di negara Malta dilaporkan tidak terlalu aktif. Dijumpai hampir 1/5 kematian di pulau Malta dikaitkan dengan faktor kurang aktivitas alias malas. Penyebab utamanya bersumber karena ketergantungan pada mobil dan peningkatan penggunaan komputer di negara itu.

Dalam renungan kali ini, Amsal Salomo mengajarkan kita untuk tidak boleh hidup malas. Ia menyuruh agar orang percaya bisa bercermin kepada kehidupan semut, yang selalu mempersiapkan bekalnya di musim panas dengan rajin (ay. 6). Dalam kehidupan ini, kita harus mempergunakan waktu dengan bijak. Sikap menunda tugas dan pekerjaan hanya akan membawa kepada penyesalan di kemudian hari. Efek dari kemalasan bukan saja menghancurkan masa depan, tetapi kehidupan jasmani menjadi tidak baik. Banyak orang Kristen yang gagal dalam hidup, bukan karena kurang beriman kepada Tuhan, tetapi karena tidak mau menanggalkan sifat malasnya. Percayalah, masa depan yang indah hanya akan menjadi milik orang yang rajin.

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang dikatakan Amsal mengenai sifat malas?
2. Sifat apa yang Tuhan inginkan agar Anda memperoleh masa depan yang baik?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk tidak menyia-nyiakan setiap waktu dan kesempatan yang Engkau beri.

Kata - Kata Bijak
Sifat rajin adalah jembatan untuk menuju kepada keberhasilan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah bersemangat untuk menjalani  tiap hari yang baru.

No comments: