Tuesday, August 30, 2016

ALLAH INGIN BERBICARA DENGAN ANDA

Selasa, 30 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Samuel 3:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 7:44-60; Bilangan 20-22

Ayat Hafalan
1 Samuel 3:10, Lalu datanglah TUHAN, berdiri di sana dan memanggil seperti yang sudah-sudah: "Samuel! Samuel! " Dan Samuel menjawab: "Berbicaralah, sebab hamba-Mu ini mendengar.

Renungan Inspirasi
Beberapa puluh tahun yang lalu ada sebuah kisah menarik dari seorang warga negara senior dari Richmond Heights, Missouri. Ia memutuskan pembicaraan lewat telepon ketika Presiden Reagan mencoba menghubunginya. Hal ini tidak hanya terjadi sekali, tetapi sampai enam kali! Ia tidak percaya pada operator yang memberitahunya bahwa ada telepon dari Gedung Putih. Ia mengira bahwa itu hanya kelakar belaka. Namun, operator dari Southwestern Bell dan seorang tetangganya berhasil meyakinkan dirinya bahwa itu memang benar. Akhirnya, orang itu mendapatkan kesempatan istimewa untuk bercakap-cakap dengan Presiden Reagan selama 15 menit.

Peristiwa tersebut mengingatkan kita pada panggilan yang diterima oleh seorang anak muda Israel bernama Samuel beberapa abad yang lalu. Ia tidak menyadari siapa yang memanggilnya meski panggilan itu terjadi berulang kali. Meskipun panggilan itu berasal dari Allah sendiri. Pada mulanya Samuel bingung, tetapi ketika imam Eli mengatakan siapa yang mencoba berbicara dengannya, ia pun sedia mendengarkan. Pernahkah Anda mendengar Tuhan berbicara kepada Anda? Allah berbicara kepada kita saat ini lewat Firman-Nya yang tertulis, yaitu Alkitab (2 Tim. 3:16-17), dan tinggal dalam diri kita melalui pribadi Roh Kudus, yang memampukan kita untuk mendengar suara-Nya (1 Kor. 2:9-16). Allah senantiasa mencoba berbicara dengan kita! Satu pertanyaan yang penting di sini adalah: Adakah kita menyediakan waktu untuk mendengarkan suara-Nya?

Refleksi Diri
1. Berapa kali Allah memanggil Samuel untuk berbicara (ay. 3-10)?
2. Dalam renungan ini, bagaimana cara Allah berbicara kepada Anda?

Pokok Doa
Tuhan berikanlah aku kepekaan dan pengertian-Mu saat Engkau berbicara kepadaku.

Kata - Kata Bijak
Allah berbicara lewat firman-Nya pada setiap orang yang mendengar dengan hatinya.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini dengan menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan dalam doa.

No comments: