Friday, August 19, 2016

BELENGGU KEKHAWATIRAN

Jumat, 19 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Markus 4:1-22

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 1; Imamat 23-24

Ayat Hafalan
Markus 4:19, “lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.”

Renungan Inspirasi
Harvey Pekar, dalam novel grafisnya yang berjudul The Quitter, menceritakan perjalanan hidupnya yang penuh kecemasan sehingga selalu gelisah di sekolah, gagal kuliah, dan berganti-ganti pekerjaan. Sebenarnya, ia sudah sukses dengan komik yang berjudul American Splendor, menang di Festival Cannes dan Sundance, mendapat pujian dari USA Today dan New York Times, juga mendapat kontrak-kontrak besar. Namun di halaman terakhir, Pekar berkata: “Mungkin aku akan selalu cemas sekalipun buku-buku yang kutulis laku keras. Aku bermimpi bisa hidup tenang tanpa masalah dalam jangka panjang. Harvey Pekar, jenius komik tetapi hatinya terikat kecemasan, ia akhirnya meninggal pada Juli 2010 lalu. Ia mengidap kanker. Namun, sumber utama kematiannya bukan kanker, melainkan terlalu banyak mengkonsumsi obat anti depresi.

Yesus mengibaratkan kekhawatiran seperti semak duri, dan cara kerjanya yaitu menghimpit iman orang percaya. Firman yang ditaburkan dalam hati kita dihimpit oleh kekhawatiran dunia, tipu daya kekayaan dan keinginan akan hal yang lain (ay. 19). Perasaan khawatir secara berlebihan pada akhirnya bisa membelenggu dan suatu saat bisa mematikan iman orang percaya. Sebagai orang Kristen, mungkin kita sering mendengarkan Firman Tuhan tiap minggu bahkan rajin untuk baca Firman Tuhan setiap hari. Tetapi, apabila kita masih menyimpan ”semak duri”, maka ”benih iman” kita tak dapat bertumbuh. Hidup kita tidak mengalami mujizat dan pertolongan Tuhan. Mari mulai hari ini, jangan biarkan benih kekhawatiran itu bertumbuh dalam hati Anda. Mari putuskan untuk segera mencabutnya dan gantikan dengan penyerahan diri yang sungguh kepada Tuhan.

Refleksi Diri
1. Apa yang Yesus maksudkan “semak duri” dalam perumpamaan ini (ay. 19)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan agar iman Anda bertumbuh dengan baik?

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku untuk tidak khawatir dalam hidup ini melainkan tetap percaya kepada Engkau.

Kata - Kata Bijak
Ikatan Kekhawatiran awalnya tidak kelihatan tapi apabila dibiarkan akan mematikan iman orang percaya.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini dengan menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan dalam doa.

No comments: