Sunday, August 21, 2016

DI TANGAN YANG TEPAT

Minggu, 21 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yeremia 18:1-17
Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 2:22-47; Imamat 26-27

Ayat Hafalan
Yeremia 18:6, Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di tangan-Ku, hai kaum Israel!

Renungan Inspirasi
Dalam satu program acara di stasiun tv National Discovery Channel, dibahas dengan detail bagaimana masyarakat Israel membentuk kerajinan tangan dari tanah liat. Cara pembentukannya demikian: pertama, gumpalan tanah liat dibersihkan dari kerikil dan kotoran. Kedua, direndam agar lebih mudah dibentuk. Ketiga, didiamkan agar kadar air berkurang. Keempat, kemudian proses pembentukan di atas sebuah meja berputar. Ditekan, didorong, tanah liat akan terkikis dan perlahan- lahan terbentuk. Kelima, bejana itu harus melalui sebuah proses pembakaran pada suhu diatas 1000 derajat celcius. Sekiranya hasilnya salah (tidak sesuai) bejana itu akan dibentuk ulang dari awal hingga menjadi sempurna.
Dalam kitab Yeremia, Allah menggambarkan diri-Nya sebagai tukang periuk dan umat Israel sebagai tanah liat yang sedang dibentuk menjadi sebuah bejana (ay. 4). Hal ini pun berlaku dalam kehidupan kita. Ketika Anda mulai dibentuk melalui masalah dan keadaan yang sulit dalam hidup, ketahuilah itu bagian dari proses untuk menjadi bejana yang indah. Percayalah kita ada ditangan yang tepat. Jangan pernah ragu karena Sang Penjunan Agung sedang membentuk dan menjadikan kita sebuah karya indah, yang dapat dinikmati banyak orang. Suatu hari kita akan bersyukur bahwa pembentukan-Nya ternyata menjadikan kita pribadi yang lebih saleh dan lebih menyenangkan hati Tuhan.

Refleksi Diri
1. Apakah maksud perumpamaan tukang periuk dan tanah liat (ay. 6)?
2. Apa yang Tuhan janjikan kepada kita saat melewati proses pembentukan hidup?

Pokok Doa
Tuhan mampukanlah aku untuk mengerti rencana-Mu dalam proses kehidupan ini.

Kata - Kata Bijak
Percayalah Anda telah berada ditangan yang tepat ketika Dia mulai membentuk Anda.

Yang Harus Dilakukan
Bersabarlah saat Anda mengalami masa proses menjadi bejana yang indah.

No comments: