Wednesday, August 24, 2016

HORMATILAH ORANG TUAMU

Rabu, 24 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 6:1-3

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 4:23-37; Bilangan 5-6

Ayat Hafalan
Efesus 6:2-3, Hormatilah ayahmu dan ibumu-ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Renungan Inspirasi
Waktu itu tahun 1727. Di sebuah toko buku kecil di Lichfield, Inggris, seorang pria yang terbatuk-batuk sedang mengepak buku-buku untuk dijual di kios bukunya di pasar, tepatnya di Uttoxeter. Di tengah batuknya, ia menyuruh putranya yang berusia 18 tahun untuk mengantarkan buku-buku itu. Namun si anak muda yang sedang asyik membaca novel klasik Latin itu tidak mengindahkan perintah sang ayah meski ia mendengarnya. Kereta angkutan yang hendak ke pasar telah tiba, dan pria itu berjalan keluar di tengah guyuran hujan sambil membawa sendiri buku-bukunya, dan melakukan perjalanan sejauh 32 km ke pasar. Lima puluh tahun kemudian seorang pria tua berdiri berjam-jam di tengah guyuran air hujan di sebuah kios buku di Uttotexer. Tatkala badai reda, perlahan ia kembali ke kereta yang menunggunya dan pulang. Di situlah ia menundukkan kepala dan menangis tersedu-sedu. Ia adalah sastrawan yang terkenal dan jenius, Samuel Johnson. Rupanya ia terkenang akan apa yang telah diperbuatnya terhadap sang ayah bertahun-tahun yang lalu.

Rasul Paulus pernah menasihatkan kepada anak-anak Tuhan di Efesus agar mereka menaruh rasa hormat kepada orang tua (ay. 1-3). Menghormati ayah dan ibu adalah perintah penting karena Tuhan berjanji akan memberi kebahagiaan dan umur panjang apabila kita mentaatinya. Sebagai anak, kita menghormati orang tua dalam bentuk ketaatan; sebagai orang yang dewasa, kita dapat menghormati mereka dengan cara menelepon, mengunjungi, serta mempedulikan kehidupan masa tua mereka. Menghormati orang tua disini dapat diartikan juga kepada orang yang lebih tua dari kita (nenek, kakek, paman dan bibi). Hormatilah orang tua Anda, bagaimana pun keadaan mereka supaya Anda hidup dalam berkat Tuhan.

Refleksi Diri
1. Mengapa Paulus menyatakan kita harus menghormati orang tua (ay. 1-3)?
2. Apa yang harus kita lakukan untuk menghormati orang tua?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih karena Engkau telah memberikan kedua orang tua dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Menghormati orang tua adalah kunci seorang anak mengalami kebahagiaan hidup.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah dengan mengucapkan terima kasih yang tulus kepada orang tua Anda.

No comments: