Thursday, August 18, 2016

KENAKANLAH KERENDAHAN HATI

Kamis, 18 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
I Petrus 5:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 28; Imamat 21-22

Ayat Hafalan
I Petrus 5:6,Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

Renungan Inspirasi
Pada tahun 1877 George Warren menyatakan bahwa dirinya adalah pelari atletik tercepat di dunia. Rekor dunia menyatakan bahwa memang benar George Warren tidak bisa dikalahkan khususnya lari jarak 100 meter putra pada masa itu. Tetapi yang sangat disayangkan di mana George Warren dengan sangat berani menyatakan kepada dunia bahwa ia dapat menyaingi kecepatan kuda. Semua orang yang mendengar hal itu tidak percaya akan kesombongannya yang sangat menjunjung tinggi akan kehebatannya. Bahkan Ia mempertarukan seluruh kekayaannya sebagai jaminan judi demi memenuhi perkataan yang sudah diucapkannya. Pada akhirnya kita dapat menebak apa yang terjadi, George pada pertengahan lari harus tertinggal oleh kuda pacu yang diajak bertanding lari. Akhirnya dia harus menerima kekalahan sekaligus kehilangan semua harta yang dimilikinya dan dikenal sepanjang sejarah sebagai orang arogan yang bodoh karena sikapnya itu.

Rasul Petrus pernah menuliskan sebuah nasihat yang penting kepada jemaat Tuhan. Isinya: Agar semua orang percaya tidak “sombong” melainkan harus saling “mengenakan “kerendahan hati” satu dengan yang lain (NIV ay. 5-6). “Mengenakan”(Yun: egkomboomai) artinya ‘memakai sepotong kain sebagai tanda pengenal ditubuh sebagai seorang budak’. Kerendahan hati adalah ciri dari pengikut Kristen yang sejati. Hampir semua orang di dunia ini tidak menyukai apabila ada orang yang bersifat sombong. Sebagai orang percaya, kita perlu memahami bahwa sikap sombong bukan saja membuat kita tidak disukai oleh banyak orang, tetapi sekaligus mengaburkan identitas kita sebagai pengikut Kristus. Mari milikilah sikap yang rendah hati, karena Ia berjanji akan meninggikan kita pada waktunya (ay. 6)

Refleksi Diri
1. Apa yang Petrus maksudkan dengan ‘kenakanlah kerendahan hati’ (ay. 5)?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda bersikap rendah hati?

Pokok Doa
Tuhan ajarlah aku untuk tidak menyombongkan diri dalam perkataan dan tindakanku karena semua yang kumiliki hanyalah kasih karunia-Mu dalam hidup.

Kata - Kata Bijak
Dengan bersikap rendah hati maka kita akan semakin dikenal sebagai pengikut Kristus.

Yang Harus Dilakukan
Mulai belajarlah dari menjaga perkataan yang tidak merendahkan orang lain.

No comments: