Wednesday, August 31, 2016

LEPAS DARI BELENGGU SAKIT PENYAKIT

Rabu, 31 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 5:1-18

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 8:1-25; Bilangan 23-25

Ayat Hafalan
Yohanes 5:6, Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya, "Maukah engkau sembuh?"

Renungan Inspirasi
Apabila Anda berada di kolam Bethesda saat itu dan mendengarkan pembicaraan Yesus dengan orang lumpuh yang terbaring di sana, bagaimana reaksi Anda? Mungkin Anda mengerutkan kening waktu mendengar Yesus bertanya, “Maukah engkau sembuh?” Kening Anda mungkin akan lebih berkerut lagi ketika mendengar jawaban si lumpuh. Ia berkata, “Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai guncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku.” Rupanya ia sudah terlalu lama terbaring di sana selama 38 tahun! Putus asa, itulah yang dapat digambarkan dari orang lumpuh ini. Ia mungkin secara fisik masih ada di pinggir kolam Bethesda, tapi keyakinannya untuk sembuh sudah hampir-hampir hilang.

Tanpa sadar kita pun suka berlaku seperti orang lumpuh itu. Karena mungkin terlalu lama sakit – penyakit membelenggu hidup kita. Saat kita mendengar perkataan seorang hamba Tuhan dalam sebuah ibadah, “Percayakah Anda bahwa Yesus sanggup menyembuhkan Anda?” kita bicara dalam hati, “Saya tidak percaya lagi kesembuhan bisa terjadi saat ini! Karena dulu saya sudah pernah berdoa meminta kesembuhan, sampai hari ini pun tidak sembuh!” Hari ini, mari ijinkan pertanyaan Yesus 2000 tahun lalu datang  menyapa kehidupan Anda saat ini: Maukah Engkau sembuh? Terimalah dengan iman akan kasih-Nya kepada Anda. Percayalah bahwa mujizat-Nya masih ada. Kematian-Nya telah memungkinkan kita untuk mengalami kebebasan dalam hal sakit penyakit.

Refleksi Diri
1. Telah berapa lama orang lumpuh itu menunggu kesembuhan?
2. Apa yang Tuhan janjikan kepada Anda yang mengalami sakit penyakit?

Pokok Doa
Tuhan aku percaya bahwa mujizat kesembuhan masih berlaku bagiku saat aku percaya.

Kata - Kata Bijak
Kesembuhan terjadi ketika kita beriman sungguh kepada Yesus.

Yang Harus Dilakukan
Terimalah dengan iman bahwa Tuhan sanggup memberi kesembuhan yang sempurna.

No comments: