Sunday, August 28, 2016

LEPAS DARI PENJARA PIKIRAN

Minggu, 28 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Filipi 1:12-26

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 7:1-22; Bilangan 15-16

Ayat Hafalan
Filipi 1:14, Dan kebanyakan saudara dalam Tuhan telah beroleh kepercayaan karena pemenjaraanku untuk bertambah berani berkata-kata tentang Firman Allah

Renungan Inspirasi
Kita semua pasti mengenal sikat gigi. Ya, setiap hari kita menggunakan benda yang satu ini. Tapi tahukah Anda penemu sikat gigi modern? Dia bernama William Addis, seorang berkebangsaan Inggris. Dia memakai tulang yang dilubanginya kecil-kecil, kemudian mengisinya dengan bulu binatang, serta mengelemnya menjadi satu. William pun menjadi jutawan setelah idenya dikembangkan menjadi sikat gigi berbulu nilon dan diproduksi oleh perusahaan Amerika bernama "Du Pont" pada tahun 1938. Menariknya William Addis menemukan konsep sikat gigi, berangkat dari masalah keterbatasan saat ia mendekam di balik jeruji penjara. Hal ini membuktikan tubuhnya mendekam di dalam penjara, akan tetapi pikirannya sama sekali tidak terpenjara dalam berpikir membuat solusi atau jalan keluar.

Rasul Paulus pun pernah mengalami hal yang sama, secara fisik di penjara tetapi pikirannya tidak terpenjara. Terbukti dia masih bisa menulis surat kepada beberapa jemaat untuk menguatkan iman anak-anak Tuhan yang ada di luar penjara (ay. 14). Mungkin kita saat ini tidak sampai dipenjara seperti Paulus, tapi ketika hadirnya masalah atau tantangan tanpa disadari kita memenjarakan pikiran kita sendiri. Mulai dari kata-kata, ‘tidak mungkin’, ‘tidak bisa’, ‘tidak berani’, dan pemikiran yang membatasi lainnya. Ketahuilah bahwa setiap kita adalah ciptaan Tuhan yang unik. Tuhan menciptakan kita untuk tujuan-Nya. Untuk itu pula Dia menganugerahkan potensi, talenta, pikiran, kreatifitas, inovasi dan ide-ide baru untuk dikembangkan. Jangan sampai terjebak dalam penjara pikiran negatif! Coba lihat pemberian Allah yang luar biasa dalam diri kita masing- masing dan temukan tujuan hidup Anda dalam rencana-Nya.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan oleh Rasul Paulus saat berada di penjara?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan saat Anda mengalami masalah?

Pokok Doa
Tuhan terangilah senantiasa pikiranku dengan firman-Mu agar aku bisa keluar dari penjara pikiranku sendiri.

Kata - Kata Bijak
Manusia bukan terpenjara oleh nasibnya, namun terpenjara oleh pola pikirnya sendiri.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah membaca fiman Allah karena itulah yang menerangi pikiran Anda yang terpenjara.

No comments: