Tuesday, August 02, 2016

MAKNA KORBAN KRISTUS

Selasa, 2 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Bilangan 28:1-31

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 21:1-22; Keluaran 27-28

Ayat Hafalan
Ibrani 9:22, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

Renungan Inspirasi
Dalam renungan hari ini kita membaca mengenai korban-korban yang harus dipersembahkan secara rutin oleh umat Israel. Ada yang harus dipersembahkan setiap hari, ada yang setiap hari Sabat, ada yang setiap bulan baru (awal bulan), dan ada yang berkaitan dengan hari-hari raya (ay. 1-31). Bila kita memperhatikan korban-korban tersebut, bisa disimpulkan bahwa sistem pengorbanan dalam Perjanjian Lama berkaitan dengan pengorbanan darah binatang. Sifatnya sementara dan perlu diulang terus menerus. Pengulangan ini menunjukkan bahwa korban binatang tidak menyelesaikan masalah yang sebenarnya. Tapi ketika tiba di masa Perjanjian Baru barulah kita pahami korban-korban tersebut telah digantikan dengan pengorbanan Yesus sebagai anak domba Allah.

Pengorbanan Tuhan Yesus di atas kayu salib telah menyelesaikan semua masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh manusia sendiri. Dan sifatnya sekali saja untuk selamanya dan tidak perlu diulang lagi. Bukankah peristiwa ini sangat luar biasa bagi kita? Yesus bukan saja berperan sebagai imam besar yang mempersembahkan korban, tetapi Ia telah datang menjadi pusat korban penebusan itu sendiri (bdg. Ibrani 9:7). Bukankah Tuhan kita tidak bersalah? Mengapa mau mati di atas kayu salib? Mengapa memilih mengasihi manusia bahkan menyelamatkan manusia? Kira-kira hal itu yang perlu kita tanyakan dalam hati dan nurani kita. Ingatlah, kita menerima penebusan bukan karena kita lebih layak dari manusia yang lain, tetapi hal itu hanyalah berdasarkan belas kasihan-Nya kepada kita. Pertanyaan penting hari ini, masihkah kita menganggap istimewa pengorbanan Tuhan Yesus bagi kita?

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang dilakukan umat Israel untuk  menebus dosa  mereka (ay. 1-31)? 
2. Apa yang Tuhan inginkan dari kita agar kita memperoleh keselamatan?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk tidak pernah melupakan kasih  dan pengorbanan-Mu bagi hidupku.

Kata - Kata Bijak
Ingatlah senantiasa kita diselamatkan oleh Tuhan karena Dia sangat mengasihi kita. 

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini derngan bersyukur akan kasih dan pengorbanan Yesus Kristus bagi Anda.

No comments: