Tuesday, August 09, 2016

MEMILIKI HATI YANG BIJAK

Selasa, 9 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 90:1-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 24:29-51; Imamat 4-5

Ayat Hafalan
Mazmur 90:12, Ajarlah kami menghitung hari-hari  kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

Renungan Inspirasi
Kerry dan Chris Shook, dalam buku One Month To Live menulis “bahwa seandainya manusia mengetahui waktu hidupnya di bumi ini hanya tinggal satu bulan lagi, maka manusia akan berusaha untuk menghabiskan hari-hari secara berbeda serta dengan cara-cara yang unik”. Para penulis buku tersebut juga percaya “kesadaran mengenai waktu hidup yang singkat dapat memberi perubahan cara hidup manusia dalam hal menjalani kehidupan. Bahkan cenderung ia akan berusaha untuk hidup mencari Sang Pencipta, sehingga ia bisa meninggalkan sebuah warisan bagi kekekalan”. Kenyataannya kita tidak mengetahui kapan masa hidup kita akan berakhir, karena hal itu menjadi  rahasia Tuhan sendiri bagi hidup kita.

Musa dalam doanya pernah menyatakan bahwa hidup manusia singkat dan isinya hanyalah tahun-tahun penderitaan dan kesukaran (ay. 10-11). Menyadari akan hal itu, Musa meminta kepada Tuhan untuk mengajarkannya menghitung hari-hari hidupnya, agar ia bisa memiliki hati yang bijak dalam menjalaninya (ay. 12). Batas umur masing-masing kita di dunia tidak ada yang tahu. Karena itu berdoalah agar Tuhan memberikan hati yang bijaksana. Hati yang bijak dapat diterjemahkan “menggunakan setiap waktu dalam hidup  dengan melakukan kehendak-Nya”. Seperti sebuah ungkapan menarik yang berkata, “Live like there’s no tommorow” atau “Hiduplah hari ini seperti besok tidak akan ada lagi”. Kita tidak perlu menunggu waktu kita tinggal sebulan, kemudian baru kita melakukan kehendak-Nya bukan?

Oleh karena itu, mari perlakukanlah setiap hari yang dianugerahkan dengan tanggung jawab dan hidup maksimal melakukan kehendak-Nya.

Refleksi Diri
1. Doa apa yang dinaikkan oleh Musa kepada Tuhan (ay. 12)?
2. Apa yang dimaksud dengan hati yang bijaksana dalam renungan ini?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih mengingatkan bahwa hari hidupku singkat, berikanlah aku hati yang bijak saat menjalani hidup ini.

Kata - Kata Bijak
Hati orang bijak selalu memaksimalkan cara hidupnya untuk menyenangkan hati Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Hargailah hari baru yang diberikan oleh Allah kepada Anda, lakukan sesuatu yang berguna.

No comments: