Wednesday, August 10, 2016

MENANG ATAS DIRI SENDIRI

Rabu, 10 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 26:36-46

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 25:1-30; Imamat 6-7

Ayat Hafalan
Efesus 4:29, Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi jangan- lah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki”

Renungan Inspirasi
Dalam upaya untuk menyelamatkan manusia dari dosa serta teladan dalam kemenangan, Tuhan Yesus mengalami pergumulan dan pertarungan dalam diri-Nya sendiri. Pada malam sebelum Tuhan Yesus ditangkap, Ia bergumul berat untuk menghadapi salib yang ada di depan mata. Pergumulan Tuhan Yesus itu digambarkan dengan kata-kata yang mewakili perasaan-Nya, seperti: sedih, gemetar, mau mati rasanya, dan peluhnya menetes seperti darah. Di satu sisi, Tuhan Yesus mau taat pada kehendak Bapa. Di sisi lain, ada keinginan diri untuk lepas dari penderitaan. Namun, akhirnya Tuhan Yesus memilih untuk takluk pada kehendak Bapa. Pada saat Tuhan Yesus tunduk pada kehendak Bapa, Ia telah memenangkan pertarungan dalam diri-Nya.

Sampai hari ini, sekalipun sudah diselamatkan, tetapi kita terus bertarung dalam pergumulan melawan keinginan diri sendiri. Hal itu adalah syarat bagi orang Kristen untuk mengikut Yesus (Luk. 9:23). Ada satu kutipan yang hampir sama dari Robert Tew yaitu: “Your Biggest Enemy In Life Is Yourself” atau musuh terbesar dalam kehidupan ini adalah diri kita sendiri. Yesus telah membuktikan bahwa Dia telah mengalahkan sisi kemanusiaan-Nya. Hal ini sekaligus meyakinkan bahwa kita pun pasti bisa menang bersama Dia. Memang hal ini tidak mudah, tetapi taruhlah kekuatan kita kepada kehendak Allah, maka kita akan melihat karya Allah bekerja dalam kehidupan. Hari ini ketika Anda diperhadapkan antara mengikuti kehendak diri sendiri atau kehendak Allah, maka apakah pilihan yang Anda akan ambil?

Refleksi Diri
1. Apa tindakan Yesus saat sedang bergumul di taman Getsemani (ay. 3)?
2. Siapakah musuh terbesar Anda dalam hidup ini?

Pokok Doa
Allah Roh Kudus pimpinlah senantiasa hidupku agar aku memilih melakukan kehendak-Mu.

Kata - Kata Bijak
Musuh terbesar kita bukanlah Iblis melainkan keinginan daging kita sendiri.

Yang Harus Dilakukan
Berdoalah dan minta kekuatan Roh Kudus untuk menang atas diri sendiri.

No comments: