Saturday, August 27, 2016

MENDISIPLIN ANAK

Sabtu, 27 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 22:15-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 6; Bilangan 12-14

Ayat Hafalan
Amsal 29:15, Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.

Renungan Inspirasi
Seorang pendidik sekaligus pengarang Kristen, Howard Hendricks, memperingatkan para orangtua agar tidak menyuap ataupun mengancam anak-anak supaya mereka menurut. Anak-anak cuma butuh kedisiplinan yang tegas dan penuh kasih, disertai dengan teladan.

Suatu kali Hendricks mengunjungi sebuah keluarga. Ketika diajak makan bersama, seorang anak duduk berseberangan dengannya. “Makan kentangnya, Sally,” kata ibunya dengan nada memerintah. “Sally, kalau kamu tidak mau makan kentangnya, kamu tidak akan dapat makanan pencuci mulut nanti!” Sally malah mengedipkan mata pada Hendricks. Setelah yakin si Sally tidak mau makan, sang ibu mengambil kentang itu dan memberi Sally es krim. Hendricks melihatnya sebagai kenyataan bahwa orang tua akhirnya selalu menuruti kemauan anaknya. Mereka takut anak-anak akan menentang dan berpikir bahwa mereka tidak lagi mengasihi. Hendricks berkata, “Yang perlu diperhatikan bukanlah anggapan mereka terhadap Anda sekarang, tetapi apa anggapan mereka terhadap Anda 20 tahun yang akan datang.”

Amsal Salomo juga banyak memberi nasihat bagaimana cara mendidik anak. Selain mendidik dengan hikmat tapi perlu juga memberikan koreksi dan disiplin dalam kasih (ay. 15, bdg. 13:24, 29:15). Sebagai orang tua saat kita memberikan disiplin, hal ini bukan berarti kesempatan untuk membenarkan kekasaran dan penyiksaan terhadap anak. Tetapi disiplin adalah bentuk lain dari kasih. Saat mendapati anak yang bersalah, maka berilah pengertian tentang apa yang sebenarnya harus dilakukan. Apabila hal ini dianggap kurang cukup, barulah orang tua perlu memberi disiplin yang didasari kasih. Percayalah disiplin kita kepada anak hari ini baik untuk masa depannya kelak.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang Salomo nasihatkan tentang mendidik anak (ay. 15)?
2. Hal apa yang Tuhan inginkan dari Anda sebagai orang tua saat mendidik anak?

Pokok Doa
Tuhan berilah hikmat-Mu kepadaku agar aku dapat mendidik anak sesuai dengan jalan-Mu.

Kata - Kata Bijak
Keberhasilan seorang anak sangat tergantung dari bagaimana cara orang tua mendidiknya.

Yang Harus Dilakukan
Beranilah memberi disiplin kepada anak apabila hal itu dibutuhkan.

No comments: