Friday, August 26, 2016

MENGEJAR HIKMAT

Jumat, 26 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 2:1-9

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 5:26-42; Bilangan 9-11

Ayat Hafalan
Amsal 3:13-14, Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas

Renungan Inspirasi
Mel Fisher adalah seorang pemburu harta karun yang mencari emas dan menemukannya. Pada tahun 1985, setelah 16 tahun berburu, akhirnya ia menemukan bangkai kapal Spanyol Nuestra Senora de Atocha di kedalaman 17 meter dekat Key West, Florida.

Para penyelam berhasil mengangkat harta karun bernilai jutaan dolar dari kapal yang tenggelam itu tetapi hal itu tidak mudah. Mereka bekerja keras dalam waktu yang lama dengan menggunakan alat pendeteksi logam, untuk menyelidiki setiap logam yang ditemui. Akhirnya impian dan kerja keras Fisher tidaklah sia-sia dengan ditemukannya penemuan besar tersebut.

Raja Salomo mengungkapkan bahwa ada satu harta yang jauh lebih berharga daripada emas, perak, atau permata. Harta itu adalah hikmat, yang jauh lebih berharga daripada pengetahuan. Salomo mengatakan untuk mendapatkan harta tersebut maka perlu usaha tekun dan kerja keras untuk memperolehnya. Kita harus berseru meminta pengertian dan kepandaian (ay. 3), menyendengkan telinga pada hikmat (ay. 2), dan menerima Firman Allah serta menyimpannya dalam hati kita (ay. 1). Barulah kita mendapatkan harta yang paling berharga dalam kehidupan, yakni “pengenalan akan Allah” (ay. 5). Sebagai orang percaya, mengapa kita perlu memiliki hikmat dalam hidup? Pertama, karena tujuan hidup yang utama adalah mengenal Tuhan dan kebenaran-Nya. Kedua, karena dari situlah sumber pengetahuan bagaimana cara menyelesaikan segala masalah dengan cara Allah. Hari ini mungkin kita sudah mengenal harta yang sesungguhnya dalam hidup. Mari kejarlah hikmat yaitu belajar untuk mengenal Allah.

Refleksi Diri
1. Apa pengertian dari mengejar hikmat dalam teks ini (ay. 5)?
2. Mengapa Salomo berkata bahwa kita perlu mengejar hikmat?

Pokok Doa
Tuhan aku membuka hati dan pikiranku untuk menerima hikmat melalui pengenalan akan Engkau.

Kata - Kata Bijak
Orang bijak adalah orang yang hidupnya senantiasa belajar mengenal Allah dalam hidup.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah membaca Firman Tuhan yang adalah sumber dari hikmat.

No comments: