Tuesday, August 23, 2016

PENGAMPUNAN MILIK PARA PEMENANG

Selasa, 23 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 23:26-38

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para rasul 4:1-22; Bilangan 3-4

Ayat Hafalan
Lukas 23:34, Yesus berkata: "Ya Bapa ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya

Renungan Inspirasi
Mother Theresia pernah berkata, ”Jika kita sungguh-sungguh ingin mengasihi kita harus belajar bagaimana mengampuni.” Salah satu hal yang sangat sulit dilakukan oleh manusia adalah mengampuni sesamanya. Ketika orang lain melakukan kesalahan dan menyakiti kita, pada umumnya kita akan membalas, atau kita tidak akan dengan mudah memberi pengampunan. Bahkan, pembalasan kita bisa dua kali lipat atau lebih dari kesalahan orang lain. Memang, mengampuni bukanlah sifat dasar manusia yang telah jatuh ke dalam dosa.

Dalam kisah penangkapan sampai penyaliban Tuhan Yesus, tidak ada satu pun catatan yang menunjukkan bahwa Tuhan Yesus melakukan sebuah kesalahan yang layak untuk mendapat hukuman. Namun, Tuhan Yesus tetap disiksa, dicambuk, dipukuli, diludahi, dicaci-maki, diolok-olok, dan sejumlah perlakuan lain yang membuat Dia menderita. Bahkan, ketika Dia tergantung di atas kayu salib, keilahian-Nya pun ditantang (ay. 35). Namun, yang dilakukan Tuhan Yesus adalah sesuatu yang menakjubkan. Dia justru berdoa dan mengampuni orang-orang yang telah menyiksa-Nya. Disinilah letak kemenangan Tuhan Yesus, yaitu ketika Dia dengan rela mengampuni orang yang bersalah kepada-Nya, bukan dengan membalas mereka. Pengampunan hanya mampu dilakukan oleh orang-orang kuat dan para pemenang. Pikirkanlah orang-orang yang telah berbuat salah kepada Anda! Maukah Anda meneladani Tuhan Yesus dengan mengampuni mereka? Jadilah pemenang dengan mengampuni sesama.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Tuhan Yesus saat orang lain menyiksa Dia (ay. 34)?
2. Apa yang Tuhan mau dari Anda saat disakiti oleh orang lain?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku senantiasa mengampuni orang yang bersalah kepadaku seperti apa yang telah Engkau lakukan.

Kata - Kata Bijak
Ujian terakhir dari seorang pemenang sejati adalah bisa mengampuni orang lain.

Yang Harus Dilakukan
Berdoalah hari ini untuk orang yang telah berbuat salah kepada Anda.

No comments: