Monday, August 22, 2016

PUJIAN YANG PENUH KUASA

Senin, 22 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Para Rasul  16:19-40

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 3; Bilangan 1-2

Ayat Hafalan
Kisah para Rasul 16:25, Tetapi kira-kira  tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian  kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.

Renungan Inspirasi
Dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, tentu pujian kepada Allah merupakan hal yang sangat biasa kita temui dan lakukan dalam ibadah. Tetapi sadarkah kita, bahwa menaikkan pujian kepada Allah memiliki kuasa untuk melepaskan sesuatu yang mengikat hidup kita? Hal itu dibuktikan oleh Paulus dan Silas saat berada di dalam penjara. Mereka berdua dipenjarakan di bagian tengah dengan kaki mereka dibelenggu dalam pasungan yang kuat (ay. 18-24). Sebenarnya mereka bisa marah dan kecewa terhadap Tuhan yang mereka layani. Tapi berdua mereka justru berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. Hasilnya pujian syukur mereka telah menggoyahkan sendi-sendi penjara dan melepaskan mereka dari semua belenggu.

Kita juga dapat mengalami kuasa dibalik puji-pujian kepada Allah. Belajar dari Paulus dan Silas, ternyata mereka menaikkan pujian syukur bukan saja pada saat merasakan sukacita dan keamanan. Tetapi mereka menaikkan pujian saat mereka dipenjara oleh karena Injil. Kuasa Tuhan bekerja lewat pujian-pujian asalkan dinaikkan dengan sungguh dan setia dalam segala keadaan. Hari ini, apakah Anda mungkin sedang mengalami belenggu dalam hidup? Sebut saja belenggu putus asa, depresi, tertekan, kecewa, atau kepahitan. Inilah saatnya Anda mulai menaikkan pujian dan syukur kepada Tuhan. Percayalah Tuhan akan memberikan kekuatan serta penghiburan kepada Anda.

Refleksi Diri
1. Apa yang dilakukan oleh Paulus dan Silas di dalam penjara (ay. 25)
2. Apa yang Tuhan janjikan kepada Anda saat menaikkan pujian dengan setia?

Pokok Doa
Tuhan biarlah pujian dan ucapan syukurku dapat senantiasa menyenangkan hati-Mu.

Kata - Kata Bijak
Pujian yang penuh kuasa terjadi saat kita tetap setia bersyukur dalam segala keadaan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah menaikkan pujian syukur setiap hari kepada Tuhan.

No comments: