Saturday, August 20, 2016

SAAT ANDA DIFITNAH

Sabtu, 20 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
I Korintus 4: 6-21

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 2:1-21; Imamat 25

Ayat Hafalan
I Korintus 4:13, kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran  dari segala sesuatu, sampai pada saat ini.

Renungan Inspirasi
Fitnah menghancurkan reputasi seseorang. Kalau tidak percaya, tanyailah Marcelino de Sautuola. Ia adalah arkeolog amatir yang pertama kali menemukan lukisan dinding zaman purba pada tahun 1879. Ketika ia mempublikasikan temuannya, banyak arkeolog yang cemburu kepadanya. Mereka terang-terangan menuduh Sautuola sengaja menciptakan kebohongan untuk memperoleh popularitas. Ia akhirnya meninggal karena depresi karena fitnah itu. Puluhan tahun kemudian, barulah para ahli mengakui keaslian temuan Sautuola.

Rasul Paulus pun kerap difitnah oleh musuh-musuhnya, namun ia tidak menjadi pahit atau ingin membalas dendam. Sebaliknya, ia menjawab para pemfitnahnya dengan penuh kasih dan kesabaran (ay. 13). Hal ini dapat dilakukan oleh Paulus bukan karena ia tidak merasakan sakit hati saat difitnah. Tetapi karena ia menyadari dirinya sebagai hamba Tuhan yang bisa menjadi sasaran penganiayaan dan penderitaan (ay. 10-13). Kedua, ia sesungguhnya mengikuti teladan Kristus, yang menurut kaca mata dunia merupakan kebodohan (ay. 10). Difitnah memang tidak enak. Namun, jangan biarkan fitnah mengubah kita menjadi pahit. Belajarlah mencontoh Kristus dan Paulus. Walau difitnah, tetaplah sabar dan balaslah dengan kebaikan. Tentu saja hal ini tidaklah mudah, tetapi hal ini jauh lebih baik ketimbang membiarkan diri Anda dihancurkan oleh kebencian dan kemarahan akibat difitnah.

Refleksi Diri
1. Apa yang harus kita lakukan saat kita difitnah (ay. 13)?
2. Mengapa kita tidak boleh menyimpan kemarahan dan kebencian saat difitnah?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa Engkau mengampuni orang yang telah memfitnahku dan jamahlah hatinya saat ini.

Kata - Kata Bijak
Fitnah adalah api yang bisa membakar hati tapi pengampunan adalah air yang sejuk.

Yang Harus Dilakukan
Berdoalah dan berilah pengampunan bagi orang yang memfitnah Anda.

No comments: