Tuesday, August 16, 2016

TERBELENGGU KEKAYAAN DUNIA

Selasa, 16 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 19:16-26
Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 27:27-44; Imamat 17-18

Ayat Hafalan
Matius 16: 24(BIS), “Apa untungnya bagi seseorang, kalau seluruh dunia ini menjadi miliknya tetapi ia kehilangan hidupnya? Dapatkah hidup itu ditukar dengan sesuatu?

Renungan Inspirasi
Firman Tuhan pernah menyatakan,”Cinta akan uang adalah akar kejahatan.” Penulis buku laris Rich Dad and Poor Dad, Robert T. Kiyosaki menambahkan, “Kekurangan uang juga sumber kejahatan”. Sikap kita terhadap uang begitu penting. Apalagi kita perlu
berhati-hati saat diberikan kepercayaan oleh Tuhan dengan harta dan kekayaan yang banyak. Ketika kita memandang harta dan kekayaan adalah segalanya dalam hidup, saat itu sebenarnya kita sudah dibelenggu  dengan materi.
Dalam Alkitab ada sebuah contoh seorang pemuda yang hatinya telah terbelenggu oleh kekayaan dan hartanya yang banyak. Kemungkinan orang muda ini memiliki FILOSOFI hidup “muda kaya raya, tua bahagia, mati masuk surga”. Itu sebabnya Dia datang kepada Yesus dan menanyakan bagaimana cara untuk memperoleh hidup yang kekal. Yesus memerintahkan agar anak muda itu mematuhi semua perintah Tuhan dan menjual segala miliknya lalu mengikuti Dia (ay. 21). Mendengar penjelasan itu, si pemuda pergi dengan sedih sebab banyak hartanya (ay. 22). Orang muda yang kaya ini belum dapat melepaskan  kelekatannya  terhadap harta dunia.
Sebagai orang percaya ingatlah, tidak ada yang salah jika kita dipercaya memiliki sejumlah besar kekayaan. Masalahnya, apakah kekayaan tersebut mengikat kita sehingga menggantikan posisi Tuhan dalam hidup kita? Sediakan tempat yang utama untuk Tuhan dalam hidup kita,
maka kita tidak akan terbelenggu oleh hal-hal yang sementara seperti kekayaan.

Refleksi diri
1. Mengapa pemuda tersebut pergi dan meninggalkan Yesus (ay. 22)?
2. Apa yang Tuhan inginkan dari Anda saat dipercayakan kekayaan dunia?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa agar kekayaan dan harta tidak menggantikan Engkau dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Ingatlah selalu bahwa kekayaan dan harta hanyalah barang titipan Tuhan dalam hidup kita.

Yang Harus Dilakukan
Pandanglah kekayaan dan harta sebagai titipan Tuhan yang harus dikelola dengan baik.

No comments: