Saturday, August 06, 2016

TIDAK MELEBIHI KEKUATAN ANDA

Sabtu, 6 Agustus 2016

Bacaan Alkitab hari ini
I Korintus 13:1-33

Bacaan Alkitab satu tahun
Matius 23:1-22; Keluaran 36-38

Ayat Hafalan
I Kor 13:10, (BIS) Setiap cobaan yang Saudara alami adalah cobaan yang lazim dialami manusia. Tetapi Allah setia pada janji-Nya. Ia tidak akan membiarkan Saudara dicoba lebih daripada kesanggupanmu. Pada waktu Saudara ditimpa oleh cobaan, Ia akan memberi jalan kepadamu untuk menjadi kuat supaya Saudara dapat bertahan.

Renungan Inspirasi
Dalam dunia konstruksi ada sebuah alat mirip antena raksasa yang digunakan untuk mengangkut bahan-bahan bangunan yang berukuran besar. Alat angkut tersebut dinamai TC (Tower Crain). TC memiliki kapasitas dalam mengangkut beban sama dengan lift. Ketika alat angkut tersebut mengangkut beban yang lebih berat dari kapasitas yang diijinkan, maka alat tersebut akan berbunyi atau mengeluarkan tanda bahaya sebagai tanda awal bahwa alat tersebut telah kelebihan beban. Bunyi dari alat tersebut tidak secara langsung diresponi oleh sang operator dengan menurunkan beban yang diangkutnya, karena operator tersebut tahu dengan pasti kapan alat itu benar- benar tidak lagi mampu mengangkut beban yang dibawanya.

Rasul Paulus pernah mengungkapkan hal yang hampir sama kepada jemaat Tuhan di Korintus. Bahwa pencobaan yang dialami oleh umat Tuhan adalah pencobaan biasa yang dialami manusia lainnya, dan hal itu tidak akan pernah melebihi batas kesanggupan kekuatan mereka (ay. 10 BIS). Nasihat yang sama ditujukan kepada kita semua sebagai orang percaya saat ini. Di hari-hari ini mungkin kita sedang mengalami cobaan yang begitu hebat dalam lingkungan kerja, usaha, dalam keluarga dan di area hidup yang lain. Peganglah janji Tuhan hari ini bahwa Ia tidak akan membiarkan cobaan itu melebihi kesanggupan kita. Fokuslah kepada Tuhan bukan pada masalah.

Refleksi Diri
1. Hal apa saja yang dikatakan Paulus mengenai pencobaan (ay.13)?
2. Apakah janji Tuhan kepada Anda, saat menghadapi pencobaan?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih karena Engkau senantiasa memberikan kekuatan saat dicobai.

Kata - Kata Bijak
Saat Anda mengalami pencobaan ingatlah selalu ada tangan Tuhan yang akan menyertai.

Yang Harus Dilakukan
Perkatakan hal yang positif ketika  mengalami persoalan, serta mengucap syukur kepada Tuhan.

No comments: