Saturday, September 24, 2016

ADA MALAIKAT TUHAN MENJAGA

Sabtu, 24 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Raja-raja 6:8-23

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 22; Yosua 19-21

Ayat Hafalan
2 Raja-raja 6:17, Lalu berdoalah Elisa: "Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat." Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.

Renungan Inspirasi
Seorang kolumnis terkenal (penulis kolom majalah) di Jurnal Fox News Amerika, George Cantor pernah menceritakan bagaimana ia mengatasi rasa takut sewaktu ia masih kecil. Hampir setiap malam ia terbangun dalam kegelapan dan membayangkan makhluk-makhluk mengerikan sedang berkeliaran di luar kamarnya. Kerap kali ia begitu ketakutan sehingga tidak dapat memejamkan matanya kembali. Terkadang ia keluar dari kamarnya dan tidur di dekat pintu kamar orangtuanya. Ketakutan George baru dapat hilang pada saat dia melihat dengan matanya sendiri bahwa ada orang tuanya di sampingnya untuk menjaganya.

Ada sebuah kisah dalam Alkitab yang hampir mirip dengan kisah di atas yaitu cerita mengenai Elisa dan bujangnya. Suatu hari, ia terbangun pagi-pagi dan melihat bala tentara Aram ada di sekeliling kota itu (ay. 15). Setelah Elisa berdoa, Tuhan membuka mata bujang itu. Apa yang dilihat oleh bujang itu sudah tentu membuatnya tercengang dan takjub. Alkitab mengatakan bahwa, "gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa" (ay. 17). Dan memang balatentara Tuhan ada di sana untuk melindungi mereka. Sebagai orang percaya, secara mata jasmani mungkin kita tidak bisa melihat adanya malaikat Tuhan yang melindungi. Akan tetapi sadarkah kita bahwa Allah telah berkali-kali meluputkan dari banyak keadaan berbahaya di luar kendali kita? Mungkin dari kecelakaan maut, dari kejahatan di jalan, masalah ekonomi yang berat dan hal-hal yang lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita sedetik pun.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan oleh Elisa kepada bujangnya (ay. 16-17)?
2. Apa yang harus Anda lakukan saat mengalami masalah di luar kendali Anda?

Pokok Doa
Tuhan bukakanlah mata rohaniku agar mampu melihat perlindungan-Mu.

Kata - Kata Bijak
Terkadang hanya dengan mata iman kita mampu melihat perlindungan Allah dalam hidup kita.

Yang Harus Dilakukan
Sadarilah bahwa perlindungan Allah senantiasa selalu ada bagi Anda.

No comments: