Monday, September 05, 2016

ALLAH SUMBER PENGHARAPAN KITA

Senin, 5 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 15:1-13

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 10:24-48; Ulangan 1-2

Ayat Hafalan
Roma 15:13, “Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.”

Renungan Inspirasi
Pada 5 Agustus 2010, tambang emas dan tembaga di Copiapo, Cile, runtuh. Sebanyak 33 penambang terperangkap. Regu penyelamat yang mencari mereka, nyaris putus asa. Namun tujuh belas hari kemudian, diketahui bahwa mereka masih hidup walau terperangkap di dalam tambang sedalam 700 meter. Dan, mereka harus sabar menanti hingga 7 minggu, sebelum mesin bor berhasil menembus lubang tempat di mana mereka berlindung. Henrequis salah satu dari mereka mengungkapkan rahasia mereka bertahan, yaitu ia terus membacakan sejumlah ayat Alkitab kepada teman-temannya, untuk menjaga semangat mereka. Dalam hal ini benarlah sebuah ungkapan yang berkata: “Manusia bisa bertahan hidup selama 40 hari tanpa makan, 4 hari tanpa minum, 4 menit tanpa bernapas. Namun, manusia tak mampu hidup bahkan selama 4 detik saja, jika ia tak punya semangat dan harapan”.

Rasul Paulus pernah menasihatkan orang percaya di Roma agar tetap bergantung kepada Allah sumber pengharapan. Meskipun saat itu mereka sedang mengalami himpitan dan penganiayaan serius. Paulus yakin bahwa Roh Kudus akan senantiasa memberikan penghiburan dan sukacita berlimpah dalam hati mereka (ay. 13), sehingga mereka akan mampu melaluinya. Situasi dunia saat ini tak dapat dipungkiri, hampir di segala aspek terasa semakin sulit dan berat. Tapi ingat, Tuhan tidak ingin kita mudah putus asa dengan keadaan yang terjadi. Sebaliknya Dia ingin kita menjadikan Dia satu-satunya tempat berharap dalam hidup. Percayalah meskipun situasi saat ini belum berubah, tapi ketika harapan kita diarahkan kepada Dia, maka pasti segala hal baik akan kita terima.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang disampaikan Rasul  Paulus kepada jemaat di Roma?
2. Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat mengalami situasi yang sulit?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk senantiasa menaruh pengharapanku kepada Engkau.

Kata - Kata Bijak
Segala sesuatu bisa saja dapat berubah tetapi jangan biarkan harapan kita kepada Tuhan menjadi padam.

Yang Harus Dilakukan
Kobarkanlah kembali api harapan Anda kepada Tuhan.

No comments: